by

Kuota Gratis Belajar Daring Siswa Tak Bisa untuk Games dan Medsos

-Teknologi, Update-dibaca 5.53Rb kali | Dibagikan 29 Kali

Pemerintah jalin kerja sama dengan XL Axiata terkait pembagian kuota gratis bagi siswa-siswa serta guru di Purbalingga. Dengan adanya hal tersebut orang tua memiliki peran untuk senantiasa memantau dan membimbing anak menggunakan teknologi di rumah sambil belajar.

Manajer XL Axiata bagian Jawa Tengah, Eka Dwidasa Kornia, mengatakan bahwa timbul kekhawatiran dari para orang tua dan guru tentang rencana pembagian kuota internet gratis kepada para siswa, apabila tidak terkontrol akan digunakan untuk membuka game online maupun media sosial. Kekhawatiran tersebut adalah hal yang wajar karena siswa yang notabene masih anak-anak masih sering iseng untuk membuka atau bermain game.

“Kekhawatiran muncul dari guru dan orang tua siswa yang takut kuota berjumlah 30GB akan digunakan untuk bermain game atau membuka media sosial,”ungkapnya kepada siber lintas24.com, Senin (07 September 2020).

Ia juga menambahkan, kuota yang diberikan telah diatur sedemikian rupa sehingga tidak bisa digunakan untuk bermain game apalagi membuka media sosial. Kuota tersebut  hanya bisa digunakan untuk pembelajaran daring, seperti membuka situs pendidikan atau website yang berhubungan dengan pendidikan saja.

“Hanya bisa digunakan untuk membuka Wikipedia, ruang guru ataupun situs pendidikan lain sehingga tidak akan terbuang dengan percuma,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekertariat Daerah Purbalingga, Imam Wahyudi, yang hadir mewakili Bupati mengucapkan terima kasih kepada XL Axiata yang ikut mendukung proses pembelajarand aring di tengah pandemi ini.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban  banyak orang tua yang merasa keberatan untuk biaya ekstra  membeli kuota internet, serta terbantu dengan adanya program internet gratis ini.

“Banyak orang tua siswa yang bercerita kepada saya bagaimana mereka harus memikirkan biaya ekstra untuk membeli kuota internet. Sehingga kami berterima kasih XL Axiata menjembatani program internet gratis dari pemerintah,” pungkasnya.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

Comment

Berita Lainnya