Kuota CPNS 2015 Capai 134 Ribu

By: On: Dibaca: dibaca 101.64Rbx
Kuota CPNS 2015 Capai 134 Ribu

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memang belum menjelaskan detail tes CPNS baru 2015. Tetapi baru-baru ini sudah mulai muncul informasi bahwa kuota CPNS baru yang disiapkan ada 134 ribu.

Termasuk kuota untuk tenaga honorer kategori II sekitar 30 ribu orang.
Informasinya usulan kuota ini sudah dimasukkan Kementerian PAN-RB ke Kementerian Keuangan. Kuota ini tersebar untuk beberapa bidang pekerjaan.

Di antaranya guru, tenaga medis, dan penyuluh di berbagai sektor. Namun jumlah final berapa kuota CPNS yang benar-benar diperebutkan tahun ini, menunggu dokumen usulan permintaan CPNS baru dari seluruh instansi sudah dianalisis.

“Saya belum bisa memastikan apakah nanti kuotanya benar-benar 134 ribu kursi,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman kemarin. Dia berharap masyarakat bersabar menunggu pengumuman resmi dari panitia seleksi nasional (panselnas) tes CPNS 2015.

Pejabat asal Sumedang, Jawa Barat itu mengatakan saat ini Kementerian PAN-RB masih terus menerima usulan permohonan kuota CPNS baru. Baik itu dari instansi pusat maupun instansi daerah. Usulan kuota yang masuk, belum tentu akan dipenuhi sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

“Sebab kami berpatokan pada analisis jabatan dan analisis beban kerja,” kata dia kepala Lintas24.com.

Selain itu, instansi yang ingin mendapatkan kuota CPNS baru juga harus membuat proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan. Dengan beragam dokumen ini, pemerintah ingin menetapkan kuota CPNS baru benar-benar sesuai dengan kebutuhan riil.

Terkait dengan pengangkatan kembali tenaga honorer kategori II, Herman membenarkannya. Dia mengatakan instruksi dari Menteri PAN-RB, tes tulis untuk tenaga honorer ini dijalankan Agustus atau setelah Lebaran. Kuota yang digunakan adalah sisa kuota atau kuota tidak terisi saat pengangkatan honorer kategori II pada 2014.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!