KPU Purbalingga Temukan Nama Ganda Anggota Parpol

By: On: Dibaca: dibaca 12.81Rbx
KPU Purbalingga Temukan Nama Ganda Anggota Parpol

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga melakukan tahap verifikasi administrasi Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik (Parpol). Petugas menemukan ada ratusan nama ganda, baik pada internal parpol maupun lintas parpol. Dari ratusan nama ganda tersebut, tiga nama yang diindikasikan yang berstatus PNS TNI/Porli.

Komisioner KPU Purbalingga divisi hukum Mey Nurlela, mengatakan pihaknya telah melakukan tahan verifikasi administrasi. Hasilnya, ditemukan ada 406 nama ganda. Sehingga dilakukan verifikasi faktual dengan mendatangi alamat nama-nama tersebut. Tujuannya untuk memastikan validitas data.

“Ada 406 nama ganda, baik dalam satu parpol maupun pada lintas parpol. Ada 3 nama yang terindikasi dari datanya merupakan PNS TNI  atau Polri. Sudahkan verifikasi faktual dengan mendatangi nama-nama tersebut. Hari ini (kemarin, red) target clear,” kata Mey Nurlela, (8 November 2017).

Lebih lanjut diungkapkan, terkait temuan nama ganda tersebut, KPU sudah melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi alamat masing-masing. Sudah lima hari ini petugas melakukan kegiatan tersebut. Data hasil verifikasi juga sudah mulai diinput.

“Sudah semua, kita lakukan 5 hari ini. Cuma ada beberapa yang sampai dua kali didatangi tidak ketemu orangnya, rencananya besok (hari ini, red) kami akan panggil Polpol untuk klarifikasi dan wajib bisa mendatangkan nama ganda pada partainya,” ujar dia.

Pada verifikasi faktual, petugas menanyakan langsung pada nama bersangkutan terkait dukungan yang diberikan. nama bersangkutan akan diminta memilih memberikan dukungan pada satu partai saja. Kalau warga tersebut merasa tidak memberikan dukungan atau mengaku bukan anggota partai tertentu, dukungan akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat atau TMS.

“Jadi kita tanya, sebenarnya ikut mana, tapi ketika jawabnya tidak meyakinkan pada partai mana dia pilih,  kami coret dua-duanya,” ujarnya.

Nurlela menambahkan, nama ganda tersebut ditemukan petugas di internal parpol tertentu atau bahkan lintas parpol. Dia mencontohkan, kasus di internal parpaol jika satu nama dengan alamat yang sama tercatat dua kali atau lebih dalam bukti dokumen yang diserankan ke KPU. Jika lintas parpol, satu nama tercatat di dua parpol berbeda, padahal alamat nama tersebut sama.

“Jadi, kalau di internal parpol, nama ganda akan dicoret salah satunya dan parpol dimnta untuk menggantinya. Begitu pula kalau lintas parpol, kalau pemilik nama sudah memilih satu parpol, maka keanggotaan di parpol lain dinyatakan TMS dan harus diganti,” kata dia.

Ratusan temuan nama ganda itu ditemukan pada hampir semua parpol yang sudah mendaftar ke KPU. Sesuai jadwal KPU, tahap verifikasi administrasi masih berjalan hingga 15 November mendatang. Setelah itu, pada 17 November KPU akan menyerahkan hasil verifikasi administrasi tersebut ke semua parpol untuk dilakukan perbaikan. Selain data nama ganda, KPU juga akan menyerahkan data keanggotaan parpol yang masuk kategori TMS.(ganda kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!