KPU Purbalingga Hanya Akui Lima Partai Koalisi Pendukung Tasdi-Tiwi

By: On: Dibaca: 97,010x
KPU Purbalingga Hanya Akui Lima Partai Koalisi Pendukung Tasdi-Tiwi

DSC_0162

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tasdi-Dyah Hayuning Pratiwi (Tasdi-Tiwi) akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015 mendatang. Pasangan diajukan oleh koalisi delapan partai yang dimotori PDI Perjuangan.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga memutuskan dari delapan partai koalisi yang menyatakan dukungannya terhadap pasangan Tasdi-Tiwi hanya lima partai yang memenuhi syarat.

Partai yang telah memenuhi syarat tersebut sudah memiliki surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan telah diterima oleh KPU. Yaitu PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Nasional Demokrat (Nasdem).

Ketua KPU Purbalingga Sri wahyuni mengungkapkan, KPU telah memeriksa berkas pendaftaran pasangan Tasdi-Tiwi. Rata-rata partai yang ikut mendukung tapi belum mengantongi surat rekomendasi dari DPP adalah Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan Partai Golkar (kubu Agung Laksono) meskipun sudah memiliki surat rekomendasi juga tidak diterima karena rekomendasi harus berasal dari dua kubu.

“PPP dan Golkar harus rekomendasi dari dua-duanya. Kalau hanya satu kubu saja tak berlaku,” kata Ketua KPU Sri Wahyuni, Senin (28/7/2015).

Sementara anggota KPU Purbalingga, Sukhedi mengatakan berkas pencalonan pasangan Tasdi-Tiwi diterima karena sudah memenuhi syarat dan diusung PDI Perjuangan didukung partai politik yang berkoalisi.

“Dari hasil penelitian secara administratif kami, ternyata pasangan yang diusung PDI Perjuangan didukung lima partai politik. PDI Perjuangan dengan jumlah kursi 11, Gerindra 7 kursi, PAN 4 kursi, PKS 5 kursi dan Nasdem 1 kursi,” ujar Sukhedi.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan yang merupakan Ketua tim sukses pasangan Tasdi-Tiwi mengatakan, terkait tiga partai politik yang tidak diterima KPU, pihaknya hanya mengikuti aturan yang ditetapkan.

“Kita akan tetap bina hubungan dengan partai tersebut,” jelasnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!