by

Korlantas Polri Siap Laksanakan Tilang ETLE

-hukum, Teknologi, Update-dibaca 3.23Rb kali | Dibagikan 6 Kali

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indoensia (Korlantas Polri) siap melaksanakan program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Program andalan ini tilang elektronik yang tengah digalakkan untuk berlaku secara nasional.

“program 100 hari kerja Kapolri, diantaranta penindakan hukum dalam berlalu lintas secara elektronik ataupun digital IT, termasuk juga dalam pengembangan pelayanan SIM dan Samsat dibidang IT,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono

Ia menegaskan, Korlantas Polri menyambut kebijakan ini dengan mengerahkan Satgas Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Tugas dari Satgas ETLE adalah memastikan kesiapan infrastruktur dan personel untuk penerapan tilang elektronik di sejumlah daerah. Seperti pelanggaran lawan arah, atau segala pelanggaran hukum lalu lintas lainnya tetap akan ditindak sesuai hukum yang sudah ditetapkan dengan tilang manual

“Meski tahun ini tilang elektronik bakal berlaku secara nasional, namun untuk daerah-daerah yang belum menerapkan ETLE, tetap menggunakan tilang konvensional atau manual dengan skala prioritas tertentu,” ungkapnya dalam laman resmi Korlantas Polri.

Ia menambahkan, bahwa dalam 100 hari kerja Kapolri, Korlantas sudah siap dengan program-program baru yang menjadi target Kapolri. Perkembangan pelayanan SIM dibidang IT juga akan disiapkan dengan adanya ujian Online bagi pemohon SIM.

“Ujian SIM teori kedepan bisa dilakukan dengan online, tetapi untuk ujian praktik harus tetap hadir, karena ini merupakan kompetensi dari pemohon SIM,” kata Istiono.

 

 

Baca Juga:  15 Pengemudi  Mobil Travel Gelap yang Antar Pemudik Diamankan Polisi

Comment

Berita Lainnya