by

Kopi Wine Jadi Produk Potensial Andalan Purbalingga

-Kuliner, Update-dibaca 5.27Rb kali | Dibagikan 20 Kali

Purbalingga menyimpan sejuta potensi dan inovasi dari masyarakatnya yang terus berkreasi di berbagai bidang. Salah satu yang muncul saat ini adalah jenis varian kopi baru di Losari, yakni Kopi Wine yang siap menjadi andalan Kabupaten Purbalingga.

“Kopi Wine merupakan hasil fermentasi dan itu inovasi asli dari Purbalingga. Kita akan dorong untuk menjadi andalan Kabupaten Purbalingga,” tutur Kepala Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Purbalingga, Adi Purwanto saat dihubungi kepada siber lintas24.com, Rabu (19 Agustus 2020)

Ia mengatakan, saat ini ada varian kopi jenis baru yang diperoleh dari hasil fermentasi oleh pelaku usaha kopi Purbalingga, yaitu Kopi Wine. Dinkop UKM akan mempromosikan secara masif produk tersebut dengan langkah pertama, yakni menjadikan produk tersebut sebagai bingkisan kepada relasi yang datang berkunjung khususnya dari luar Purbalingga. Langkah penting ini diambil untuk mendapatkan respon positif dari konsumen atau pasar di luar Purbalingga, karena pangsa pasar dan segmentasinya berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

“Kopi ini memiliki ciri khas sendiri dan segmentasinya pun akan berbeda dengan kopi robusta dan arabika yang sudah dikembangkan di Purbalingga. Harganya di bawah kopi yang sudah ada sehingga saya yakin akan bisa bersaing dan gaungnya akan nampak,” tuturnya.

Tak hanya di Losari, Dinkop UKM juga akan melakukan pendampingan para pelaku kopi di wilayah Rembang lainnya, yaitu Gunung Wuled. Dinkop UKM juga akan memastikan produk tersebut mampu memenuhi permintaan pasar jika Kopi Wine peminatnya semakin banyak, agar para pelaku kopi mampu memenuhi tuntutan pasar tersebut. Sehingga, stok di pasaran tetap terpenuhi dan tidak akan gagap dalam pemenuhannya.

“Kami juga akan melakukan pendampingan di Gunung Wuled agar kopi mereka bisa berkembang juga,” pungkasnya.

 

Editor : Rizky Riawan Nursatria. (Mg)

Comment

Berita Lainnya