by

Koperasi Serba Usaha Perwira Purbalingga Naik Signifikan

-Daerah, Update-dibaca 4.71Rb kali | Dibagikan 21 Kali

Secara umum perkembangan Perkembangan Koperasi Serba Usaha (KSU) Perwira cukup menggembirakan di tengah sektor usaha lain yang mengalami hambatan bahkan keterpurukan. Perkembangan tersebut tidak lepas dari peran serta pengurus dan anggota KSU Perwira dalam melakukan manajemen dan pelayanan administrasi dengan baik.

“Perkembanganya cukup signifikan, semua ini berkat peran serta anggota dari KSU Perwira,” kata Ketua KSU Perwira, Agung Widiarto pada Rapat Akhir Tahun (RAT) KSU Perwira Tahun 2020 di Pendopo Dipokusumo, Rabu (27 Januari 2021).

Bupati Purbalingga yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga, Wahyu Kontardi memberikan apresiasi pada pengurus, pengawas dan anggota KSU Perwira atas terselenggaranya RAT. RAT 2020 dan juga Rapat Anggota Perencanaan (RAP) 2021 sebagai implementasi dari Undang-Undang No 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

“Begitu pula atas kebijakan sosial yang telah dilaksanakan guna membantu anggota yang membutuhkan uluran tangan,” ujarnya.

KSU Perwira membantu anggota yang pensiun agar mendapatkan dana bantuan dari Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesi (PKPRI) Purbalingga. Selanjutnya, KSU Perwira juga membantu memberikan dana kematian bagi anggota yang keluarganya meninggal dunia.

“Juga bantuan pendidikan dan pembagian masker untuk masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19,” imbuh Wahyu.

Ia menuturkan KSU Perwira juga harus ikut berperan serta berkontribusi dalam penanganan bencana alam maupun bencana non alam yang melanda di Purbalingga. Karena banyak masyarakat yang terdampak akibat bencana alam yang terjadi seperti banjir, tanah longsor, tanah bergerak dan lainnya.

“Jika memungkinkan tidak hanya KSU Perwira tapi koperasi-koperasi yang lain turut serta membantu beban saudara yang terdampak karena bencana alam tersebut,” tambahnya.

Melalui momentum RAT KSU Perwira, Wahyu berharap agar para pengurus, pengawas maupun anggota bisa memberikan masukan ataupun saran demi kemajuan koperasi kedepannya. Ada dua hal yang harus diperhatikan dan dikembangkan oleh KSU Perwira yakni dari sisi anggota, bagaimana pengurus bisa menambah kepesertaan anggota.

Baca Juga:  Hardiknas 2018, BNI Cabang Purbalingga Kenalkan Perbankan Lebih Dekat ke Pelajar

“Karena masih ada ASN di lingkungan Pemkab Purbalingga yang belum menjadi anggota KSU Perwira,” terangnya.

Menurutnya, jika keanggotaan bertambah maka akan berpotensi besar bagi KSU Perwira. Potensi KSU Perwira untuk berkembang lagi bisa lebih besar dan memberikan manfaat bagi anggota sendiri maupun yang lainnya.

“Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dari anggota untuk mengembangkan KSU Perwira, penyusunan perencanaan kerja hendaknya dilaksanakan berdasarkan evaluasi kinerja tahun sebelumnya agar kedepannya bisa lebih baik lagi,” ungkap Wahyu.

Comment

Berita Lainnya