Komunitas Peduli Duafa Purbalingga – Sedekah Botol Tak Terpakai Jembatan Pahala

By: On: Dibaca: dibaca 77.56Rbx
Komunitas Peduli Duafa Purbalingga – Sedekah Botol Tak Terpakai Jembatan Pahala

Bersedekah tak sesulit yang kita bayangkan, apapun bisa kita sedekahkan. Sedekah bukanlah amalan biasa. Sedekah mempunyai hitungan yang kadang tak bisa masuk dalam logika kita.

Pernahkah terpikirkan oleh kita, barang tak terpakai yang dianggap mengganggu itu ternyata bisa jadi sumber kebahagiaan buat orang lain? Namun apakah kita kemudian mengambil langkah nyata untuk mewujudkan kebahagian orang lain tersebut?

Pada umumnya orang melakukan sedekah dengan menggunakan uang, makanan, minuman, dan harta benda lainnya. Namun ternyata sampah yang kita punya juga dapat digunakan sebagai sarana untuk bersedekah, tentu saja bukan sembarang sampah. Sampah seperti apa yang dapat digunakan untuk bersedekah?

Setiap hari sampah “lahir” di dunia ini, ada yang mudah terurai yaitu tergolong dalam sampah organik dan yang tidak mudah bahkan sangat sulit untuk terurai yaitu sampah anorganik.Kedua jenis sampah ini dapat kita gunakan untuk bersedekah, namun hanya sampah yang dapat didaur ulang saja. Seperti kardus, kertas, botol dan wadah plastik bekas.

Gerakan Sedekah Botol Tak Terpakai menjadi program terobosan yang dilakukan Komunitas Peduli Duafa Purbalingga (KPDP). Program ini memang sudah banyak dilaksanakan berbagai kota di Indonesia.

“Saya sering melihat, banyak botol-botol tak terpakai dan pasti akan berakhir di tong sampah dan tinggal menunggu dipungut oleh pemulung. Padahal dengan sedikit kesadaran untuk memilah dan mengumpulkannya, kebahagian orang lain bisa tercipta,”ungkap Koordinator KPDP Amron Falahudin yang akrab dipanggil Didin

Botol tak terpakai ini dapat dijadikan sebagai salah satu “jembatan” bersedekah. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni pertama mengumpulkan botol-botol tak terpakai kemudian mengirimkan ke sekretariat KPDP di Jalan Sekar Kenanga No 28 Perumahan Griya Abdi Kencana Purbalingga, cara kedua adalah setelah botol-botol tak terpakai sudah terkumpul dapat menghubungi melalui nomer telepon 083844363367 untuk diambil.

Botol-botol tak terpakai yang telah terkumpul nantinya akan diwujudkan dalam bentuk uang dan atau dibelikan paket sembako, kemudian disalurkan kepada kaun duafa yang membutuhkan

Dengan memanfatkan pertemuan warga di setiap RT, Didin beserta pengurus KPDP, terus mensosialisasikan program ini keseluruh warga di lingkungan Perumahan Griya Abdi Kencana. Motivasi terus diberikan Didin kepada semua masyarakat, bagaimana mengelola botol-botol tak terpakai,  mulai dari manfaatnya untuk orang lain dan juga kebiasaan masyarakat untuk memperlakukan botol-botol tak terpakai.

Dalam pertemuan Didin mendapat apresiasi setelah mempresentasikan gerakannya. Dalam kegiatan ini mendapat banyak masukan untuk mengembangkan gerakan ini supaya jadi lebih berdampak buat orang lain dan berkelanjutan.

“Melalui gerakan ini menumbuhkan semangat untuk mengajak masyarakat ikut bersamanya menebar manfaat lewat ‘Sedekah Botol Tak Terpakai’ dan terus menghasilkan ide-ide baru yang lebih bermanfaat untuk orang lain,”ungkap Didin.

Jadi marilah bersedekah walaupun hanya menggunakan botol tak terpakai yang mungkin tidak bernilai bagi kita, namun itu sungguh sangat bernilai bagi mereka. Ayo tunggu apa lagi?

Dan alangkah baiknya jika botol-botol tidak terpakai itu bukan hanya berasal dari rumah tangga kita saja, namun juga berasal dari diri kita saat bepergian. Bawalah pulang untuk disatukan dengan sampah yang ada di rumah.

Namun bukan berarti harus memungut sampah yang Anda temui saat berpergian, cukup sampah yang berasal dari bekas bungkus makanan, minuman, dan lain-lain yang berasal dari diri sendiri, keluarga, atau teman Anda yang sekiranya tidak merepotkan.

“Misalnya saat Anda bepergian atau bekerja, botol mineral yang telah habis isinya janganlah dibuang begitu saja. Namun silakan bawa pulang untuk dikumpulkan.”ungkap Didin.

Ketua  RT 04 RW 09 Kelurahan Purbalingga Wetan, Mahendra Yudhi Krisnha menyambut baik program Sedekah Botol Tak Terpakai yang diinisisasi KPDP.

Pasalnya, program ini menebar kebaikan untuk sesama. Sedekah sangat banyak pahalanya dan sebenarnya itulah harta kita yang sebenarnya, karena dengan bersedekah berarti sama saja menabung pahala untuk kita di akhirat kelak.

“Pak Didin telah memaparkan program itu pada pertemuan warga. Disepakati untuk  mendukung program yangh melibatkan bidang sosial dan kerohanian untuk merumuskan program kegiatan,”ungkap Mahendra

Bentuk dukungannya adalah mengkolaborasikan program bidang keamanan dan bidang sosial dan kerohanian. Apabila warga memiliki botol-botol tidak terpakai diimbau untuk mengumpulkan tidak membuangnya ke tempat sampah. Masukan botol-botol tidak terpakai kedalam kantong plastik, kemudian digantungkan dekat gelas jimpitan ronda siskamling.

“Setiap malam petugas ronda, selain mengambil uang jimpitan juga akan mengambil kantong plastik berisi botol-botol tidak terpakai. Memang tidak setiap malam terkumpul botol-botol tidak terpakai,”ungkapnya.(yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!