Koleksi Perbengkelan Purbakala Disimpan di Museum Artefak

By: On: Dibaca: 6,253x
Koleksi Perbengkelan Purbakala Disimpan di Museum Artefak
Para pelajar tengah mengamati benda purbakala di Museum Artefak Sanggaluri Park, Purbalingga

Lokasi Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari bisa ditempuh sejauh 16 km dari pusat kota. Namun masyarakat Purbalingga sudah tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk melihat warisan budaya perbengkelan purbakala ini.

Seluruh artefak dari Desa Limbasari dan sekitarnya bisa dijumpai di Museum Artefak Sanggaluri Park di Desa Kutasari Kecamatan Kutasari. Lokasi yang juga tempat rekreasi ini hanya berjaraj 4 km timur laut kota Purbalingga.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Dindikbud Purbalingga, Rien Anggaraeni Setya mengungkapkan kepada cyber media lintas24.com, museum ini cukup lengkap untuk menceritakan tahap-tahap dari proses perbengkelan batu dari zaman neolithikum ini. Bahkan dilengkapi poster-poster tentang perkiraan cara pembuatan gelang atau beliung persegi oleh masyarakat purbakala saat itu.

“Artefak yang ada mulai dari batu bahan baku, calon gelang, calon beliung dan beliung jadi. Untuk gelang batu yang masih utuh memang belum ditemukan, umumnya yang ditemukan sudah dalam bentuk fragmen (pecahan) gelang saja,” katanya kepada cyber media lintas24.com.

Selain itu juga dipamerkan batu-batu dari sisa atau sampah dari perbengkelan. Diantaranya batu bundar sisa gelang batu, serta serpihan-serpihan tatal batu.Melalui museum atrefak ini, pihaknya berharap bisa memberi pendidikan arkeologi kepada para pengunjung museum.

“Salah satunya bisa mencermati perbedaan batu biasa dengan batu yang sudah sedikit dibentuk oleh intervensi kebudayaan manusia masa lampau,” tambahnya. (ganda kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!