Kodim 0704 Banjarnegara Akan Bangun Jembatan Bailey di Mantrianom

By: On: Dibaca: 4,501x
Kodim 0704 Banjarnegara Akan Bangun Jembatan Bailey di Mantrianom

 

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Dominggus Lopes merencanakan akan membangun jembatan yang putus di Dusun Banagara, Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang dengan membangun jembatan bailey.

“Kita akan membantu, rencananya menggunakan jembatan bailey yang bisa dirakit dalam waktu yang singkat dan cepat. Bailey sangat strategis dalam menunjang pembangunan untuk membantu daerah-daerah rawan bencana alam seperti jembatan Mantrianom ini,” kata dia saat meninjau lokasi jembatan bersama dengan tim dari Batalyon Zipur 4 Diponegoro dan DPU Banjarnegara, Selasa (9 April 2019).

Menurutnya, untuk membangun jembatan baru membutuhkan waktu yang cukup lama. Berkaca pada kondisi ini, urgensi membangun jembatan darurat agar aktivitas warga kembali normal makin tinggi. Dengan kondisi ini, maka pemasangan jembatan bailey  menjadi alternatif, selain pemasangannya cepat, jembatan ini juga kuat dan mampu menampung beban lalu lintas.

“Jembatan bailey ini sifatnya sementara, setelah jembatan dibangun kembali, maka jembatan bailey bisa dibongkar dan bisa digunakan lagi untuk lokasi yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PU Banjarnegara M Arqom mengatakan, rencananya pemasangan jembatan bailey akan ditinggikan dari lokasi yang akan dibangun. Dengan begitu, pada saatnya pembangunan nanti, keberadaan jembatan bailey tidak mengganggu pekerjaan, begitu juga sebaliknya.

“Jembatan darurat ini ada di atasnya, diprakirakan pembangunan jembatan membutuhkan waktu sekitar lima bulan,” katanya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!