Kodim 0702 Purbalingga Gembleng Bela Negara

By: On: Dibaca: dibaca 121.27Rbx
Kodim 0702 Purbalingga Gembleng Bela Negara

286 Siswa SMP Negeri 2 PurbalinggaIkuti Pendidikan Karakter

Kodim_SMP2 (2)

Purbalingga- Sebanyak 286 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Purbalingga mengikuti kegiatan pendidikan karakter, disiplin dan bela negara di Makodim 0702 Purbalingga (22-23/8).

Kepala SMP Negeri 2 Purbalingga, Aman Musthofan mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah. Penguasaan bela negara perlu dibangun dan dipupuk secara berkesinambungan untuk menangkal ancaman dari dampak negatif globalisasi dunia.

Wawasan kebangsaan dan disiplin harus mutlak terpatri dalam kepribadian generasi muda sejak dini,ungkap Aman disela-sela kegiatan (23/8).

Aman menambahkan, disamping sebagai upaya untuk meningkatkan disiplin siswa disekolah, dalam membentuk kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar siswa sehingga terlahir jiwa korsa yang kuat. Kegiatan ini juga untuk mendukung terciptanya situasi belajar dilingkungan pendidikan yang bermartabat dan maju sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pemupukan kedisiplinan dibutuhkan kekompakan dan semangat persatuan agar setiap siswa mempunyai rasa bela Negara yang tinggi,ungkapnya.

Komandan Kodim 0702 Purbalingga Letnan Kolonel Kav Dedi Safrudin melalui Koordinator Pelatih, Sersan Kepala Yohanes BS mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk membentuk sikap, watak dan karakter para siswa agar kedepan mereka mempunyai wawasan kebangsaan yang luas.

Sasaran kegiatanlatihan berupa, sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik mereka melaksanakan PBB, Lintas Medan (survival), permainan leadership dan pengenalan senjata. Kegiatan nonfisik berupa ceramah bela Negara, wawasan kebangsaan, dan penguatan sikap mental,ungkap Staf Teritorial Kodim 0702 Purbalingga ini.

Yohanes menegaskan, rasa cinta tanah air dan Bela Negara dikalangan generasi muda perlu dipupuk kembali. Sebagai contoh, jika melihat tiang bendera yang terpasang bendera merah putih roboh dipinggir jalan, harus kita dirikan tegak kembali. Jangan malah dibiarkan tergeletak dan kita tidak peduli,tegas Yohanes.

Gangsar Fadhiyata Amarsa siswa peserta kegiatan mengungkapkan, kegiatan ini dapat mengubah cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Rasanya senang dan bangga mengikuti kegiatan ini. Ternyata kita sebagai generasi muda harus mau dan mampu mencintai tanah air dan bela Negara,ungkapnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!