Menu
Media Online Terpercaya

KNPI Purbalingga dan Pemdes Pekiringan Bakal Luncurkan Walaha

  • Share

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Purbalingga bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol bakal mewujudkan konsep Warung Latihan Usaha alias Walaha.

Ketua KNPI Purbalingga, Dhimas Agung Ramadhan menuturkan, KNPI Purbalingga mendesain konsep Walaha sebagai upaya untuk mendorong tumbuhnya semangat wirausaha di kalangan anak muda desa. Jadi tidak hanya menjadi tempat nongkrong anak muda.

“Desa pekiringan akan menjadi pilot project KNPI mewujudkan wirausaha muda di desa,” katanya kepada media siber lintas24.com, Kamis (5 November 2020)

Ia memaparkan, Walaha dikemas lebih milenial, dengan harapan ruang kreatif sekaligus ruang inkubasi bisnis ini akan menjadi ruang bagi pemuda desa untuk belajar usaha secara langsung. Karena mereka bisa membuka usaha di spot ini. Selain itu, Walaha diharapkan juga bisa menjadi titik temu bagi pihak pemerintah, swasta dan LSM untuk membangun SDM desa.

“Walaha berupaya mentransformasi budaya nongkrong konsumtif menjadi budaya gotong royong produktif

Dhimas menambahkan, KNPI juga akan menjadikan program Srawung Desa sebagai upaya untuk menyerap aspirasi dari pemuda desa.

“Aspirasi pemuda ini untuk kami jadikan bahan evaluasi dan kedepan akan djadikan pembahasan dengan pemkab terkait kepemudaan. Jika program ini berhasil , kami akan mencoba agar Walaha dapat terduplikasi di beberapa desa di Kabupaten Purbalingga,” kata Dhimas.

Camat Karangmoncol, Juli Atmaji mengapresiasi adanya program Srawung Desa dari KNPI Purbalingga.

“Saya berharap, kehadiran KNPI di wilayah Kecamatan Karangmoncol ini dapat mmberikan manfaat bagi pemuda Karangmoncol,” kata Juli.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *