by

KNPI dan Polres Purbalingga Gelar Diskusi Publik “Pemuda Cerdas, Pilkada Berkualitas”

-Politik, Update-dibaca 5.98Rb kali | Dibagikan 19 Kali

Menyambut pesta demokrasi 9 Desember 2020 mendatang, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bersama Polres Purbalingga menggelar  Diskusi  Publik  bertemakan “Pemuda Cerdas, Pilkada Berkualitas” di Rumah Makan Wapo Kebon Klapa. Adanya pemilihan kepala daerah pada tanggal 9 Desember 2020, diperlukan peran pemuda dalam menghadirkan Pilkada yang berkualitas.

Ketua KNPI Purbalingga, Dhimas Agung Ramadhan, menyampaikan hal penting tersebut dalam kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah organisasi kepemudaan, seperti Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Fatayat dan Nisyiatul Aisyiah.

“Kegiatan ini bertemakan Pemuda Cerdas, Pilkada berkualitas. Diskusi dibuat secara terbuka. Harapannya pemuda dapat terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan maupun pengawasan pilkada,” ungkapnya kepada siber lintas24.com, Selasa (25 Agustus 2020).

Ia berharap pemuda dapat memberi warna baru dalam dunia perpolitikan, serta mengembalikan semangat dan marwah para pemuda. Semakin banyak anak muda yang melek terhadap politik, semakin bagus untuk menghasilkan kebijakan yang lebih inovatif dan berpihak kepada masyarakat luas.

“Pemuda harus bisa jadi agen perubahan dan turut mengedukasi kepada masyarakat tentang bahaya politik uang dan pencegahan penyebaran berita bohong (hoax),” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Purbalingga (KPU), Mey Nurlela menambahkan  peran pemuda tidak harus terjun secara langsung dalam kontestasi, tetapi menjadi penyelenggara di KPU dan pengawasan di Badan Pengawa Pemilu (Bawaslu) juga salah satu peran yang tidak kalah penting.

“Pemuda dapat ikut mengawasi penyelenggaran KPU, PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pemuda dapat memberikan masukan misalnya terkait integritas. Pemuda juga dapat membantu menyosialisasikan tahapan pencoblosan dan protokol pencoblosan di masa adaptasi kebiasaan baru untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menjaga jarak fisik, cuci tangan dengan bersih, memakai masker, dan  pengecekan suhu tubuh’, tuturnya.

Kasat Binmas Polres Purbalingga, AKP Siswanto, yang hadir mewakili Kapolres Purbalingga mengatakan Polres Purbalingga akan terus melakukan upaya secara preventif. Ia juga berpesan, pemuda harus ikut berperan aktif dalam menyukseskan  pemilu. Peran pemuda sangat diperlukan untuk membangun generasi yang lebih baik dan peka terhadap isu di sekitarnya.

“Jangan acuh tak acuh,  sangat disayangkan kalau nantinya ada pihak  yang bermain namun sebagai pemuda tak peduli. Bagaimanpun pemuda yang cerdas, bisa menghasilkan pilkada yang berkualitas. Pilkada yang berkualitas menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk Kabupaten Purbalingga,” pungkasnya.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

Comment

Berita Lainnya