by

Ketua Kwarcab Purbalingga Melantik Lili Setiani Jadi Ketua DKC Antar Waktu Tahun 2020-2021

-Pendidikan, Update-dibaca 5.07Rb kali | Dibagikan 39 Kali

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga, Subeno melantik Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Purbalingga, masa bakti tahun 2017-2021 – antar waktu tahun 2020-2021, di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Purbalingga, Sabtu (12 September 2020)

”Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Purbalingga yang selanjutnya disebut Dewan Kerja Cabang (DKC) tetap harus berkoordinasi, berkomunikasi serta melakukan konsultasi yang baik dengan Kwarcab, maupun dengan Dewan Kerja Ranting, Pimpinan Satuan Karya (Saka), dan Dewan Ambalan,” tutur Subeno kepada media siber lintas24.com, Senin (14 September 2020).

Ia menambahkan, DKC merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan di tingkat Kwartir yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera.

“DKC bersifat kolektif dan kolegial yang merupakan bagian integral dari Kwartir, berkedudukan sebagai badan kelengkapan Kwartir yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega,” katanya.

Ketua DKC, Lili Setiani mengaku siap melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk masa bakti tahun 2020-2021.

“Kami siap melakukan koordinasi, konsultasi, dan memberikan informasi kegiatan. Kami juga siap mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas pokok DKC,” ungkapnya.

Ketua DKC Purbalingga, Lili Setiani

Ada pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan lanjut Mahasiswa angkatan tahun 2017 Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto ini. Ia merinci, diantaranya Gladian Pimpinan Satuan  (Dianpinsat), yang menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola satuan gerak yang meliputi Dewan Ambalan, Racana dan Satuan Karya Pramuka.

“Semuanya menuju standarisasi dan keaktifan Dewan Kerja Ranting, Dewan Ambalan, Racana dan Satuan Karya Pramuka,” ungkap Kabid Outdoor Ambalan Siti Masitoh Man Purbalingga tahun 2017 ini.

Ia menambahkan, untuk seleksi keanggotaan unit-unit kelengkapan DKC sudah dan sedang berproses.

“Seleksi untuk unit jurnalistik sudah selesai. Kami tinggal merampungakan seleksi anggota Pramuka Peduli (Pramuli) dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA),” ungkapnya

Susunan DKC Purbalingga antar waktu tahun 2020-2021, Ketua Lili Setiani, Wakil Ketua Cahya Giwangkara Yuliawan, Sekretaris Kris Diana dan Rizal Ribawanto, Bendahara Diah Tri Lutfianti.

Bidang Kajian Kepramukaan, Ketua Isna Cahyani dengan anggota Iqbal Nur Hidayatullah dan Nurika Zahra Maulidika Putri. Bidang Pembinaan dan Pengembangan, Ketua Siam Adi Prianto dengan anggota Akbar Faturochman dan Tri Rahayu. Bidang Penelitian dan Evaluasi, Ketua M.Bagus Tri Prasetyo dengan anggota Gunawan Nur Pambudi dan Wahyu Purnomo

 

Comment

Berita Lainnya