Kepala SMP Negri 2 Purbalingga, Heru Prayitno, S.Pd.,M.Si Harus Hati-hati Membaca dan Mendeteksi Berita

By: On: Dibaca: dibaca 68.62Rbx
Kepala SMP Negri 2 Purbalingga,  Heru Prayitno, S.Pd.,M.Si  Harus Hati-hati Membaca dan Mendeteksi Berita

Kini begitu mudahnya seseorang untuk berbagi kabar dengan sekali sentuh tombol share dalam telepon selular, berita akan tersebar mudah di beranda akun media sosial. Jika kabar tersebut benar mungkin akan menambah informasi bagi yang lain.

Sayangnya, jika berita tersebut tidak benar, justru akan merugikan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMP Negri 2 Purbalingga, Heru Prayitno, S.Pd.,M.Si kepada Tabloid Elemen di sekolahnya, Rabu 18 Januari 2017.

“Harus hari-hati membaca dan mendeteksi berita. Jangan asal percaya apalagi membaginya kepada orang lain,”tutur Pria berkaca mata.

Heru Prayitno menambahkan, memberikan pendidikan dan ilmu dalam menggunakan media sosial menjadi pilihan utama untuk menangani banyaknya berita bohong di media sosial. Dia juga meminta para siswa khususnya, untuk lebih awas dan mencermati isi suatu berita sebelum memutuskan untuk menyebarkan satu pemberitaan melalui media sosial.

“Di sisi lain pemanfaatan media sosial begitu terbuka sekarang ini, maka saya berharap kita semua tidak terlalu cepat percaya dalam membaca berita kemudian menyebarkan kepada yang lain. Tapi benar-benar ditelaah, diteliti,” tutur Heru.

Kualitas Tulisan

Pembinaan menulis yang berkualitas tambah Heru, selalu di berikan kepada siswa SMP Negeri 2 Purbalingga.  terutama para siswa yang mengikuti ektra kurikuler jurnalistik dan tulisannya terbit dalam majalah sekolah ESPERO. Pasalnya, dengan selalu belajar menulis yang baik dan berkualitas akan mendapat manfaat yang positif.

“Saya sangat senang menulis, tulisan itu saya simpan dalam blog dengan tujuan agar bisa berbagi manfaat kepada semua orang. Hoby menulis ini harus diawali dengan kegemaran membaca terlebih dulu. Setiap hari saya wajib membaca koran atau tabloid,”ungkap Heru

Heru menambahkan, sekolah ini mempunyai majalah sekolah hasil karya siswa, Namanya Majalah ESPERO, terbit empat bulanan. Dalam majalah ESPERO terdapat tulisan prestasi siswa, opini Kepala Sekolah dan Guru. Rubrik-rubriknya sangat memotivasi siswa untuk mau belajar menulis maupun para pembacanya.

“Sesuai semboyan majalah ESPERO “Karya Nyata, Wujudkan Asa”, diharapkan para siswa mampu mendukung gerakan moral, kode etik jurnalistik. Sebarkan artikel berita yang diperoleh dengan jujur. Meneliti keterangan berita sebelum disiarkan bukan semata kecepatan,” pungkasnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!