Kepala BPBD Cilacap : Masyarakat Sudah Tangguh Dan Tanggap BencanaTsunami

By: On: Dibaca: dibaca 26.92Rbx
Kepala BPBD Cilacap : Masyarakat Sudah Tangguh Dan Tanggap BencanaTsunami

 

Potensi adanya gempa yang disampaikan oleh pakar ahli tsunami, merupakan hasil kajian ilmu yang perlu diketahui oleh seluruh masyarakat. Karena adanya lempeng tektonik yang ada di selatan Jawa, yang merupakan sumber gempa.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Tri Komara mengatakan, Cilacap dan juga wilayah lainnya yang berada di selatan Jawa berpotensi terdampak adanya gempa megathrust atau dengaan kekuatan 8,8 SR.

“Ini merupakan mitigasi, untuk menentukan langkah-langkah untuk penyelamatan diri. Kami meminta agar masyarakat selalu siaga dan waspada 247, karena sewaktu-waktu bencana bisa saja terjadi,” ujarnya.

Masyarakat juga seringkali diberikan edukasi evakuasi diri, pada saat terjadinya gempa. Baik berpotensi tsunami maupun tidak. Bukan hanya kepada masyarakat dewasa, tetapi juga anak-anak dan pelajar.  Sehingga diharapkan, masyarakat sudah tangguh dan tanggap bencana.

Saat ini sudah ada sebanyak 10 desa tangguh bencana (destana) yang ada di sekitar pesisir pantai Cilacap. Selain itu sudah ada papan petunjuk evakuasi yang disiapkan oleh BPBD Cilacap apabila terjadi gempa, dan berpotensi tsunami.

“Gempa tidak bisa diprediksi, dan bisa terjadi sewaktu-waktu, apabila ada gempa, cepat melakukan tindakan evakuasi, selamatkan diri sendiri dan keluarga di rumah, quick respon. Segera melakukan evakuasi jangan sampai menunggu ada instruksi,” katanya.

Tri Komara mengingatkan, untuk evakuasi diutamakan melakukan evakuasi secara vertikal, atau mencari lokasi gedung yang tinggi, dengan bangunan yang kuat setelah terjadi gempa. Pada saat evakuasi lebih baik dihindari menggunakan kendaraan, karena selama beberapa kali terjadi gempa, masyarakat yang akan evakuasi menggunakan kendaraan, menyebabkan kemacetan di beberapa titik.

“Segera evakuasi mandiri, dan kami tidak bosan mengingatkan agr masyarkaat selalu menyiapkan tas evakuasi di rumah berisi surat-surat berharga, senter, makanan, yang bisa dibawa saat melakukan evakuasi,” katanya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!