by

Kementerian Koperasi dan UKM Sediakan Rp 100 miliar Untuk Bantuan Modal Kerja

-Bisnis, Update-dibaca 6.17Rb kali | Dibagikan 19 Kali

Kementerian Koperasi dan UKM menyediakan bantuan modal hingga Rp 100 miliar kepada koperasi di Indonesia. Bantuan modal itu merupakan bagian dari stimulus yang diberikan pemerintah dalam rangka membantu perekonomian di tengah pandemi virus corona ( Covid-19).

“Jadi, silakan saja mengajukan Kami bisa memberikan bantuan modal kerja bagi koperasi sampai Rp 100 miliar ya,” tutur Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam diskusi di Graha BNPB

Ia menjelaskan, Kementerian Koperasi dan UKM juga menyiapkan skema pembiayaan untuk meringankan pelaku UMKM termasuk memberikan modal kerja. Stimulus itu sudah termasuk berbentuk restrukturisasi penghapusan pajak akan disalurkan melalui perbankan serta koperasi simpan pinjam.

“Seluruh bantuan termasuk untuk restrukturisasi penghapusan pajak, subsidi bunga termasuk pembiayaan modal kerja baru, itu disalurkan melalui perbankan BRI, BNI, Mandiri dan lain sebagainya termasuk juga BPD, BPR dan koperasi simpan pinjam,” kata Teten.

Ia menambahkan, sedangkan bantuan pembiayaan sebesar RP 1 triliun untuk koperasi disalurkan melalui lembaga LPDB.

“Saya pegang langsung pembiayaan itu sekarang RP 1 triliun. Itu untuk koperasi. Jadi itu lewat koperasi kita sekarang kita salurkan lewat lembaga- lembaga LPDB di tempat kami,” katanya.

Teten mengungkapkan, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah berkomitmen untuk terus membantu sektor itu agar tidak mati.

“Pemerintah memahami memang UMKM sangat terdampak di tengah pandemi Covid-19 dan pemerintah sudah menyiapkan skema pembiayaan untuk meringankan para pelaku UMKM, termasuk juga memberikan modal kerja baru,” katanya

 

 

Comment

Berita Lainnya