Menu
Media Online Terpercaya

Kemdikbud Salurkan Bantuan Subsidi Upah Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) NonPNS

  • Share

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) NonPNS sebesar Rp 1,8 juta per orang. BSU Kemdikbud ini ditujukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu perekonomian mereka, khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Selain itu, BSU Kemdikbud bakal disalurkan kepada sebanyak 2.034.732 orang yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan non-PNS hingga akhir November ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengataka,n bahwa penerima BSU Kemendikbud tidak hanya guru dan PTK di sekolah negeri, tetapi juga swasta.Berdasarkan data dari Kemdikbud, 2.034.732 penerima bantuan tersebut terdiri dari 162.277 dosen PTN dan PTS, 1.634.832 guru dan pendidik sekolah negeri dan swasta, serta 237.623 untuk tenaga kependidikan (perpustakaan, laboratorium, tenaga administrasi).

Namun demikian, untuk mendapatkan bantuan tersebut, penerima harus memenuhi syarat, antara lain:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia.
  2. Berstatus PTK NonPNS.
  3. Terdaftar dan berstatus aktif dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per 30 Juni 2020.
  4. Tidak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah/gaji dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan sampai dengan 1 Oktober 2020.
  5. Tidak terdaftar sebagai penerima kartu prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020.
  6. Memiliki penghasilan di bawah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) per bulan yang dibuktikan melalui pernyataan dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Sebagai catatan, untuk mengecek apakah tergolong sebagai penerima, serta mengunduh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), masyarakat dapat mengecek melalui situs info.gtk.kemdikbud.go.id dan pddikti.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya, jika syarat di atas terpenuhi, maka guru honorer dan PTK bisa segera melengkapi berkas dokumen untuk proses pencairan BSU Kemdikbud.

Sejumlah berkas dokumen yang mesti dilengkapi meliputi:

  1. KTP
  2. NPWP (jika ada).
  3. Surat Keputusan Penerima BSU.
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPJTM) bermaterai dan ditandatangani.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *