Menu
Media Online Terpercaya

Kembangkan Wisata Hijau di Kabupaten Purbalingga, Ini Pemetaan dan Eksekusi Universitas Diponegoro  

  • Share
Batik Desa Limbasari
Pengrajin batik di Desa Limbasari sebetulnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, mereka terus bergeliat menghidupkan batik tulis khas Limbasari hingga dikenal banyak orang

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memetakan dan mendampingi pengembangan wisata hijau di Kabupaten Purbalingga.

Pemetaan dan eksekusi dalam bingkai kerjasama direncanakan dilakukan dalam jangka waktu tiga tahun dan bertujuan sebagai alternatif agar perkembangan kepariwisataan memberikan kemanfaatan secara sosial, ekonomi lingkungan bagi masyarakat.

“Purbalingga memiliki potensi salah satunya adalah wisata hijau. Itu akan memberikan benefit dari berbagai sisi,” kata akademisi Undip, Prof. Aries Susanti, di depan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Purbalingga dan Kementerian Perindustrian serta Surveyor RI, di ruang rapat Bupati Purbalingga, Selasa (15 Maret 2022).

Aries merinci, untuk tahun pertama akan menentukan lokasi yang akan dikembangkan, strategi dan masterplan serta draft DED.

Di tahun kedua, finalisasi masterplan dan DED fasilitas wisata dan realisasi pembangunan fasilitas wisata. Kemudian di tahun ketiga tempat wisata akan dikembangkan mulai dari pemasaran hingga dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Paling tidak di tahun ketiga sudah nampak bagi masyarakat di sektor ekonominya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DINPORAPAR) Kabupaten Purbalingga, Prayitno mengungkapkan, bahwa Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022 dan 2023 difokuskan di sekitar lereng gunung Slamet.

Pihaknya menyarankan pengembangan dan pemetaan difokuskan di desa yang memiliki potensi wisata dan industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti batik.

“Ada Limbasari di Kecamatan Bobotsari yang memiliki potensi wisata dan potensi lain. Ada juga Dagan. Nanti akan kami komunikasikan lebih lanjut sehingga target sasaran lebih terfokus,” pungkasnya.

 

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.