Menu
Media Online Terpercaya

Kegiatan Kepramukaan di Purbalingga Dibatasi Selama Pandemi Cocid-19

  • Share
Ketua Gerakan Pramuka Kwartit Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Subeno

Seluruh jajaran Gerakan Pramuka diharapkan ikut berpartisipasi dalam mengantisipasi dan mencegah semakin merebaknya wabah virus COVID-19.

Hal ini disampaikan Ketua Gerakan Pramuka Kwartit Cabang (Kwarcab) Purbalingga,  Subeno dalam acara persiapan seleksi Eagle Scout Award atau lebih dikenal dengan Pramuka Garuda Berprestasi, Jumat (24 Juni 2021)

“Saya mengingatkan bahwa kegiatan-kegiatan kepramukaan yang melibatkan banyak orang, untuk sementara agar dibatasi. Bila perlu ditunda atau dibatalkan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” tegas  Subeno.

Namun demikian lanjut Subeno, panitia penyelenggara acara dapat menyiapkan rencana cadangan sebagai pengganti penyelenggaraan acara yang telah disiapkan.

“Seperti seleksi Pramuka Garuda Berprestasi bisa dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting,” katanya

Ia juga mengimbau, agar seluruh satuan Gerakan Pramuka secara terus-menerus melakukan advokasi penyuluhan cara-cara hidup sehat dengan langkah-langkah  Selalu menjaga kebersihan dengan antara lain mencuci tangan, menggunakan sabun, atau cairan alkohol, dan air, paling sedikit selama 20 detik.

“Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan. Bila batuk atau pilek, tutup mulut dan hidung dengan menggunakan siku atau kertas tissue. Segera buang kertas tissue yang telah digunakan ke tempat sampah yang tersedia,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, bila tak begitu penting, hindari kerumunan orang banyak dan jangan mendekat pada orang yang mengalami pilek dan batuk. Jika merasa kurang sehat, pilek, batuk dan demam, serta kesulitan bernapas,segera konsultasikan diri ke

Sesuai petunjuk organisasi kesehatan sedunia (WHO), gunakan masker hanya bila merasa kurang sehat atau sedang mengunjungi orang yang kurang sehat,” katanya.

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *