by

Kebumen Kekurangan Pengawas Tempat Pemungutan Suara. Seleksi Diperpanjang Hingga 19 Oktober 2020

-Politik, Update-dibaca 3.38Rb kali | Dibagikan 11 Kali

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kebumen memperpanjang Seleksi Penerimaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) hingga 19 Oktober mendatang. Pasalnya, hingga kini Bawaslu Kabupaten Kebumen mencatat masih belum terpenuhinya kuota pendaftar untuk ribuan TPS.

“Jumlah pendaftar PTPS belum memenuhi jumlah TPS yang ada di Kebumen. Adapun jumlah TPS untuk Pilkada 2020 mendatang sebanyak 3.155 titik. Dari jumlah tersebut masih terdapat 2.000 TPS yang tersebar di 26 kecamatan belum memenuhi jumlah Pendaftar PTPS,” ungkap Komisioner Bawaslu Kebumen Divisi SDM dan Organisasi Maria Erni Peristiwanti, kepada media siber lintas24.com, Minggu (18 Oktober 2020)

Ia merinci, jumlah pendaftar PTPS hingga Jumat siang 4.140 orang. Dari segi klasifikasi, terdiri dari pendaftar perempuan 1.891 orang dan sisanya 2.249 pendaftar laki-laki. Kebutuhan kuota minimal pendaftar 6.310 orang atau sekurang-kurangnya 2 pendaftar di tiap TPS.

“Kami adakan perpanjangan pendaftaran hingga 19 Oktober 2020,” katanya

Ia menjelaskan, belum terpenuhinya kuota pendaftar karena terkendala beberapa aspek. Seperti syarat usia minimal 25 tahun dan lulusan SMA serta adanya kewajiban menjalani rapid test. Kendati demikian, pihaknya tetap meminta jajaran untuk optimal dalam mensosialisasikan ke masyarakat.

“Kami akan mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat dan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pendaftaran PTPS sendiri dilakukan oleh Panwas Kecamatan (Panwascam) masing-masing. Berkas pendaftaran diserahkan ke Panwascam. Adapun seleksi yang harus dilalui setiap peserta yakni pemeriksaan administrasi dan wawancara oleh Anggota Panwascam.

 

 

Comment

Berita Lainnya