Kawasan Pecinan, Kampung Melayu dan Kampung Arab di Semarang Jadi Cagar Budaya

By: On: Dibaca: dibaca 33.01Rbx
Kawasan Pecinan, Kampung Melayu dan Kampung Arab di Semarang Jadi Cagar Budaya

Rencana Pemerintah Kota untuk membenahi kawasan Pecinan, Kampung Melayu dan Kampung Arab menjadi cagar budaya nasional nampaknya disambut positif warga kampung tersebut.

Ketua RW 02 Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Imam Santoso menuturkan, bangunan kuno yang berada kampung arab, di wilayahnya mencapai kurang lebih 10 bangunan. Saat ini, kondisi bangunan tersebut pun dikatakannya dalam kondisi seadanya dan butuh perawatan.

“Kalau bangunan tua di wilayah sini setahu saya ada sepuluh bangunan mas. Kalau memang ada rencana menjadikan kawasan ini cagar budaya ya bisa menyelamatkan bangunan-bangunan tua yang tersisa disini. Soalnya dulu di sini banyak bangunan kuno, tapi karena banyak yang belum tahu makanya dirobohkan diganti bangunan baru,” ceritanya.

Menurut Imam, selain bisa menyelamatkan bangunan tua yang tersisa, rencana pemkot Semarang tersebut juga bisa mengangkat ekonomi warga sekitar kampung arab.

“Harapannya ya bisa mengangkat perekonomuan warga sini mas. Karena sudah menjadi cagar budaya nasional kan biasanya narik wisatawan,” katanya.

Sementara itu, senada dengan Imam, Ketua RW VII Kelurahan Dadapsari, Abdul Rahman. Dia pun mendukung penuh rencana revitalisasi kawasan Kampung Melayu menjadi cagar budaya. Apalagi hal tersebut memang sudah diwacanakan sejak lama.

“Dulu pernah dijelaskan kalau proses revitalisasi akan memotong pekarangan warga, satu sampai dua meter untuk membuat trotoar. Dan bangunan-bangunan liar dipinggir jalan bakal disterilkan. Dulu sudah dijelaskan sampai itu,” papar Abdul.

Namun, sampai saat ini belum ada kabar lanjutan dari pemerintah. Abdul khawatir jika tidak segera ditetapkan dan direvitalisasi, akan semakin banyak bangunan yang terbengkalai ataupun diubah bentuknya. “Prinsipnya kami mendukung. Kalau mau jujur, sebenarnya banyak warga yang sudah menunggu kapan realisasi program itu,” tukasnya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!