Kawanan Pencuri Saldo ATM Diringkus

By: On: Dibaca: dibaca 96.85Rbx
Kawanan Pencuri Saldo ATM Diringkus

PURBALINGGA – Empat kawanan pencuri rekening berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Purbalingga, Kamis (20/7). Mereka diduga melakukan aksi terorganisir menyedot isi saldo rekening korban selaku pengguna mesin ATM. Sementara korban dalam kondisi kartu tertelan atau tidak bisa keluar.

Adapun pelaku yang tertangkap yakni pria berinisial AFR (37) warga Pampangan, Kecamatan Gedong Tataan, Kebupaten Kesawaran, ADS (35) warga Perum Batujajar Indah, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung, HMT (32) warga Bitung Jaya , kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, dan IS (31) warga Desa Padang Manis, Kecamatan Way Lima, kabupaten Pesawaran. Sementara satu orang bernama Andika (40) warga Lampung masih menjadi buronan.

Modus yang digunakan adalah mengakali lubang kartu mesin ATM yakni mengganjalnya dengan batang korek atau tusuk gigi. Cara tersebut dilakukan agar pengguna mesin ATM tidak bisa mengeluarkan lagi kartu yang telah dimasukan atau malfungsi. Pada Rabu (19/7) pelaku beraksi di mesin ATM BCA Indomaret, Kelurahan Kedungmenjangan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga.

“Dalam aksinya para pelaku membagi tugasnya masing-masing, ada yang bertugas memasang batang korek, ada yang mengintip PIN, ada yang bertugas pengalih perhatian atau membuat sibuk korban dan ada yang sebagai sopir” kata Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setiawan dalam jumpa pers Kamis (27/7).

Salah satu korban yakni Sakiyah (52) warga Desa Bedagas Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga menggunakan mesin ATM yang telah diakali para pelaku tersebut. Sementara salah satu pelaku bertugas mengamati PIN dengan cara mengintip dari luar dan menghafalkanya. Setelah selesai bertransaksi, kartu ATM korban tertelan dan tidak bisa keluar.

Pelaku lainnya mencoba mengalihkan perhatian korban yang tengah panik untuk segera meninggalkan tempat atau melapor ke kantor bank yang bersangkutan. Ketika korban sudah meninggalkan mesin ATM tersebut para pelaku kemudian memproses transaksi kartu ATM korban melalui PIN yang berhasil diintip sebelumnya. Pelaku menyedot seiisi rekening milik korban.

“Aksi mereka di wilayah Purbalingga sudah dilakukan sebanyak 2 TKP dengan kerugian Rp 14 juta. Berdasarkan pengakuan tersangka, mereka juga telah melakukan hal yang sama di 100 TKP se-Jateng,” katanya.

Atas laporan dari korban yang diterima pada hari kejadian, maka Satreskrim Polres Purbalingga segera menindaklanjuti. Melalui rekaman CCTV dan mendapatkan ciri-ciri pakaian dan topinya, Polisi kemudian memburu tersangka. “Mereka akhirnya berhasil ditangkap di Bandung setelah kami ikuti dari Jogja,” tambah Agus.

Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti diantaranya 4 dus kecil korek kayu, 1 bungkus tusuk gigi, 1 buah tang, 1 buah cutter, 1 buah lem powerglue, satu buah obeng dan 1 unit mobil Toyota Calya Nomor polisi  D 1552 SAC, satu potong baju, celana dan topi yang dipakai tersangka sesuai CCTV dan uang hasil kejahatan sebesar Rp 3,2 juta.

“Atas tindakan tersebut, tersangka terancam dikenakan 363 KUHP tentang tindakan pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman pidana 7 tahun penjara,” pungkasnya. (ganda kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!