by

Katasapa Purbalingga Pentaskan Perjalanan Ki Tepus Rumput

-Budaya, Update-dibaca 3.40Rb kali | Dibagikan 21 Kali

Awal kisah berdirinya Purbalingga, yakni perjalanan Ki Tepus Rumput datang ke Onje, cikal bakal kadipaten di Purbalingga dipentaskan oleh Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga. Pentas membawakan lagu berjudul Socaludira karya dan sutradara Arsyad Riyadi.

“Cerita dalam pementasan teater ini diambilkan dari Babad Onje. Di situ diceritakan asal-usul Purbalingga yang sangat erat kaitannya dengan Kerajaan Pajang yang dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya,” kata Arsyad saat pentas di Balai pertemuan warga Perumahan Griya Perwira Asri 2 Desa Babakan Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, Selasa malam (1 Desember 2020).

Pentas yang disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube misbar Purbalingga mengisahkan, hilangnya Cincin Socaludira yang merupakan cincin kesayangan Sultan Hadiwijaya. Dalam sayembara disebutkan barang siapa yang bisa menemukan cincin itu, jika perempuan akan dijadikan istri sedangkan jika laki-laki akan diberi hadiah Selir Kencana Wungu dan diberikan tanah seluas dua ratus grumbul.

Ki Tepus Rumput yang berkelana akhirnya mengikuti sayembara tersebut setelah mendapatkan wangsit dari sesosok sakti bernama Ki Kantaraga. cincin tersebut berhasil ditemukan di sebuah gedung setelah di Tepus rumput melakukan semedi.

“Harapannya, pementasan teater ini bisa meningkatkan rasa bangga terhadap Purbalingga sekaligus bisa menjadi pemicu munculnya pementasan-pementasa  lain yang mengangkat nilai lokalitas Purbalingga ini,” katanya.

Pendamping pentas, Guyub Triyanto Nugroho mengatakan, pentas tersebut merupakan praktik dari kegiatan teater workshop yang diselenggarakan oleh komunitas Katasapa melalui program fasilitasi bidang kebudayaan Kemendikbud RI tahun 2020.

“Sebelumnya mereka terlebih dahulu mendapatkan materi teori dasar teater oleh praktisi. Setelah itu mereka praktik membuat naskah dan mementaskannya,” katanya

 

 

Baca Juga:  Muhammad Hanif Dhakiri : Kaum Muda NU Harus Siap Hadapi Tantangan Dalam Era Teknologi Digital

Comment

Berita Lainnya