by

Katasapa Purbalingga Gelar Baca Puisi Virtual

-Budaya, Pendidikan, Update-dibaca 7.25Rb kali | Dibagikan 32 Kali

Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga menggelar baca puisi secara virtual. Rangakian kegiatan dalam memeriahkan ulang tahun ke-5 dimulai dari tanggal 11 hingga 15 Februari 2021, beberapa video baca puisi diunggah di akun Instagram para pembaca dan Katasapa dengan tagar #limatahunkatasapa dan #katasapapurbalingga.

Ketua Katasapa Purbalingga, Ryan Rachman mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan ulang tahun Katasapa. Selain itu juga untuk terus merawat kegiatan sastra di Bumi Perwira dan sekitarnya.

“Sebenarnya kami ingin mengadakan pagelaran secara langsung tapi mengingat masih pandemi sehingga format acara diganti secara virtual. Semoga tidak mengurangi kreativitas kita dalam berkarya,” kata Ryan, Selasa (16 Februari 2021).

Ada 20 pembaca puisi yang mengirimkan karyanya melalui akun instagram baik dari Purbalingga, Banyumas dan Banjarnegara. Para pembaca selain dari anggota juga dari penyair, pegiat sastra, dan sastrawan.

“Dari Banyumas yaitu Wanto Tirta, Pensil Kajoe, Hamidin Krazan dan Indra Defandra. Dari Banjarnegara ada Bagus Likurnianto. Sementara dari Purbalingga ada Irna Novia Damayanti, Mufti Wibowo, Peni Tulus Handayani dan Sri Hartati,” sebutnya.

Pada kegiatan tersebut juga ikut berpartisipasi beberapa anggota baru Katasapa Purbalingga yaitu Lilian Kiki Triwulan, Hastin Widiyanti, Ikrom Rifai dan Arsyad Riyadi. Tak ketinggalan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Purbalingga, Bowo Leksono dan para pendiri Katasapa Purbalingga juga ikut membaca puisi.

“Mereka para penggagas Katasapa juga tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi ada saya sendiri (Ryan Rachman, red), Agustav Triono, Trisnanto Budidoyo, Guyub Triyanto, Arto Wibowo dan Sulung Purnomo,” ujarnya.

Agustav Triono, Koordinator Kegiatan menyampaikan puisi yang dibacakan beragam meliputi hasil karya sendiri dan karya penyair nasional. Beberapa karya dari penyair nasional yang dibacakan antara lain karya WS. Rendra, Sapardi Djoko Damono, Asrul Sani, dan Suminto A Sayuti.

Baca Juga:  Soal UNBK Tak Muncul di Monitor, Siswa Di Purbalingga Garap Hingga Malam

“Sebagai bentuk apresiasi para pembaca juga akan mendapatkan buku sastra dari Katasapa. Kami membagi kebahagiaan dengan memberi buku kepada para pembaca selain sebagai tanda apresiasi, juga turut serta dalam gerakan literasi,” ungkap Agustav.

Comment

Berita Lainnya