by

Katasapa Purbalingga Bakal Terbitkan Buku Kumpulan Cerpen

-Budaya, Update-dibaca 6.37Rb kali | Dibagikan 44 Kali

Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga lolos seleksi proposal Panggung Kahanan Jawa Tengah. Dalam program itu, Katasapa mengirimkan proposal penerbitan karya seni sastra berupa kumpulan cerpen 15 penulis dari Purbalingga. Sedangkan tema yang diangkat yaitu “Sosial dan Budaya Purbalingga”.

“Proposal yang kami ajukan lolos seleksi. Panitia Panggung Kahanan akan memberikan bantuan stimulus dana bagi program penerbitan buku kumpulan cerpen itu. Sebagai konsekuensinya, Katasapa akan menerbitkan buku kumpulan cerpen para penulis Purbalingga,” tutur Sekretaris Katasapa sebagai penanggung jawab program, Agustav Triono kepada cyber media lintas24.com, Senin (29 Juni 2020)

Ia menjelaskan, Panggung Kahanan merupakan program Pemprov Jateng dan seniman Jateng untuk membantu seniman terdampak korona. Awalnya mereka menggelar pentas virtual untuk penggalangan dana.

“Dari dana yang terkumpul itu, dialokasikan ke para seniman di Jateng yang terdampak korona. Baik itu untuk biaya pengobatan, biaya sekolah atau pendanaan program pentas atau kegiatan kesenian,” katanya.

Adapun cerpenis tersebut diseleksi oleh tim Katasapa yaitu Ryan Rachman sebagai ketua dan Agustav sebagai Sekretaris. Mereka adalah cerpenis potensial. Kriterianya, mereka tinggal atau berdomisili di Kabupaten Purbalingga dan yang pasti bukan PNS.

Dengan mengangkat kehidupan sosial budaya Purbalingga ke dalam cerpen secara tidak langsung mengenalkan sosial budaya Purbalingga agar lebih dikenal luas. Meski di masa wabah pandemi Covid-19 ini diharapkan para penulis Purbalingga masih terus berkarya.

Untuk penerbitan kumpulan cerpen ini, pihakhnya akan bergerak cepat. Mengingat tenggat waktu dari panitia Panggung Kahanan, maksimal harus sudah diluncurkan pada akhir Juli ini. Rencananya, buku kumpulan cerpen itu akan diluncurkan pada 28 Juli mendatang.

“Untuk tempatnya, rencananya di Aula Dindikbud Kabupaten Purbalingga. Kami masih komunikasikan. Tapi tidak menutup kemungkinan di lokasi lain,” tuturnya

Comment

Berita Lainnya