by

Kasus Covid-19 di Purbalingga Meroket. Pasien Bakal Diisolasi Jadi Satu di  eks Gedung SMP N 3

-Daerah, Update-dibaca 9.13Rb kali | Dibagikan 47 Kali

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19  di Kabupaten Purbalingga meroket. Dari catatan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, penambahan kasus pada Senin (23 November 2020) mencapai 477 orang.

“Terdapat penambahan pasien positif hingga totalnya mencapai  477 orang. Mereka berasal dari berbagai kluster, ada dari pabrik, Pilkada, tenaga kesehatan (nakes), pedagang pasar, Polri, dan kluster individu,” kata Kepala Dinkes Hanung Wikantono usai Rapat Koordinasi (Rakor) membahas persoalan tersebut, Senin (23 November 2020).

Pjs Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana menjelaskan, kasus positif Covid-19 sudah mengalami Outbreak. Dengan kondisi ruangan isolasi di Rumah Sakit (RS) terbatas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mengambil kebijakan untuk menambah ruangan isolasi darurat.

“Oleh karena itu kami akan menambah ruangan isolasi. Salah satu bangunan yang akan kita fungsikan  adalah Gedung eks SMPN 3 Purbalingga di Jalan DI Panjaitan. Karena ruang isolasi tambahan di Gedung Korpri sudah penuh oleh pasien positif Covid-19,” kata nya

Ia mengungkapkan, usai rapat koordinasi penanganan covid-19, pihaknya langsung berkordinasi dengan Kapolres. Sebab, sebelumnya eks SMPN 3 akan dipinjam Polres untuk Satlantas. Setelah itu langsung, meninjau lokasi.

“Tadi sudah langsung dilakukan pembersihan oleh tim dari BPBD, Satpol PP, DLH dan jajaran terkait lainya,” kata dia.

Ia mengatakan, menurut informasi terdapat sekitar 15 ruangan di gedung eks SMPN 3 Purbalingga akan difungsikan sebagai ruangan isolasi. Satu ruangan kemungkinan akan diisi oleh enam pasien. Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai membersihkan tempat tersebut.

Ia menambahkan, untuk efisiensi tenaga kesehatan (nakes), rencananya pasien covid akan dijadikan satu.Pasien di gedung korpri dan di RS darurat Gambarsari akan dipindahkan jadi satu di eks SMPN 3.

Baca Juga:  Belum Diketahui Penyebab Kebakaran Gunung Ciremai

“Kami juga sudah menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) dan petugas medis untuk siaga guna penanganan pasien positif,” ungkapnya.

 

Comment

Berita Lainnya