by

Kapolres Purbalingga Pimpin Apel Pelajar Tertib Lalu Lintas

-Pendidikan-dibaca 110.84Rb kali | Dibagikan 26 Kali

1 (1)

Sub : Tidak Punya SIM Jangan Nekad Kendarai Kendaraan Bermotor

 

Kapolres Purbalingga AKBP Agus Setiawan Heru Purnomo memimpin Apel Pelajar Tertib Lalu Lintas dalam rangka Operasi Patuh Cipta Kondisi (Candi) 2016 di halaman SMA Negeri 1 Purbalingga, Senin (23 April 2016).

Apel diikuti ribuan siswa, terdiri dari siswa SMA Negeri 1 Purbalingga dan perwakilan siswa SMP di Purbalingga. Dalam instruksi pembinaaannya, Kapolres Purbalingga AKBP Agus Setiawan Heru Purnomo meminta para siswa harus mau dan mampu menjadi bagian mewujudkan tertib berlalu lintas.

“Para siswa mulai sekarang , harus mau dan mampu tertib berlalu lintas menuju Indonesa tertib, bersatu keselamatan nomer satu,”ungkap AKBP Agus Setiawan HP.

Kapolres juga mengingatkan agar para siswa untuk dapat mengendalikan diri, tidak mengendarai sepeda motor di jalan raya. Pasalnya, mengendarai kendaraan motor di jalan raya harus melengkapi diri dengan Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta kelengkapan lainnya, seperti menggunakan helm, spion terpasang dengan baik serta mentaati rambu-rambu lalu lintas.

“Jika belum memiliki SIM, jangan pernah nekad mengendari kendaraan bermotor di jalan raya,”pinta AKBP Agus Setiawan HP.

Kapolres AKBP Agus Setiawan menjelaskan, dalam Operasi Patuh Candi kali ini, jajaran Satlantas Polres Purbalingga akan menegakan hukum. Target operasi memberikan fokus ke pemakai jalan yang melanggar peraturan. Bagi yang melanggar, petugas akan langsung memberikan surat bukti pelanggaran. Penilangan dilakukan karena konsentrasi operasi patuh adalah penegakan hukum.

“Artinya, bagi siapa saja yang kedapatan melanggar akan dilakukan penindakan tegas. Targetnya, akan kita turunkan angka pelanggaran sampai angka nol. Jadi, Operasi Patuh kali ini berbeda dengan Operasi Simpatik  yang lebih mengedepankan upaya persuasive,”ungkapnya.

Kapolres AKBP Agus Setiawan HP menambahkan, upaya-upaya pembinaan dan penyuluhan (Binluh) terus dilakukan oleh Polri, Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Purbalingga terus menerus memberikan Binluh kepada para siswa di lembaga pendidikan mulai dari PAUD sampai SMA dan organisasi lainnya.

“Target Binluh dari Unit Dikyasa ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Kalau dikunjungi Pak Polisi dan Ibu Polwan di sekolah, silahkan para siswa bertanyalah apa yang belum yang dipahami, pasti akan dijawab oleh anggota Dikyasa,”ungkap Kapolres AKBP Agus Setiawan HP.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Menengah (DIkmen) pada Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Purbalingga Sukirto, yang mewakili Kepala Dindik Purbalingga Tri Gunawan mengungkapkan, program apel pelajar ini sangat bermanfaat untuk meningkatan kesadaran para siswa dalam tertib berlalu lintas. Diakui Sukirto, masih banyak para siswa yang belum mempunyai SIM tapi menggunakan sepeda motor kesekolah.

“Kita dari Dindik terus menerus untuk melarang para siswa untuk mengendarai sepeda motor ke sekolah, kita lakukan koordinasi dengan pihak sekolah melalui guru BK dan pihak Satlantas Polres Purbalingga.

Dalam apel pelajar ini, dilakukan penyematan PIN tertib berlalu lintas dan pemberian helm kepada siswa. Hadir dalam apel ini seluruh guru SMA Negeri 1 Purbalingga, para guru perwakilan SMP di Purbalingga.

Comment

Berita Lainnya