Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman Inisiasi Program Puasaan Aman Riayaan Nyaman

By: On: Dibaca: 3,529x
Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman Inisiasi Program Puasaan Aman Riayaan Nyaman

Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman menginisiasi program Puasaan Aman Riayaan Nyaman selama bulan Ramadan 1440H/2019. Beberapa kegiatan itu adalah patroli sahur, berkah Ramadhan, patroli ngabuburit, dialog sahur, pekan santri dan safety riding ngabuburit

“Program tersebut untuk menciptakan masyarakat yang kondusif selama puasa dan dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam keadaan nyaman,”ungkap Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman kepada cyber media lintas24.com, Jumat (17 Mei 2019)

Purbalingga AKBP Kholilur Rochman merinci, kegiatan patroli sahur dilaksanakan oleh Polres Purbalingga dan polsek jajaran menjelang sahur. Dalam patroli, anggota juga membawa alat musik untuk membangunkan warga. Selain untuk mencegah gangguan keamanan juga untuk mengingatkan warga sudah memasuki waktu sahur.

“Kegiatan berkah Ramadhan yang terdiri dari pembagian takjil kepada warga dan bakti sosial. Pembagian takjil dilaksanakan oleh seluruh bagian, fungsi dan Polsek. Bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada warga kurang mampu,” katanya.

Kegiatan lain adalah patroli ngabuburit yang dilaksanakan menjelang berbuka guna mencegah gangguan keamanan seperti balapan liar maupun tindak kejahatan di pusat keramaian. Patroli dilaksanakan mulai tingkat polres hingga polsek jajaran. Kemudian, dalam rangka menjalin komunikasi dengan masyarakat dilaksanakan dialog sahur yang menghadirkan para tokoh masyarakat tingkat kecamatan. Kegiatan diisi dengan dialog dan tanya jawab diakhiri dengan sahur bersama.

“Selain kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, kami juga melaksanakan pekan santri. Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota polres dan polsek yang dibagi menjadi lima hari pelaksanaan. Anggota diberikan pengetahuan tentang materi keagamaan seperti tata cara bersuci, salat yang khusyuk dan tata cara merawat jenazah,” katanya.

Terakhir, kegiatan safety riding ngabuburit yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Purbalingga. Dalam kegiatan diberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas dan tata cara berkendara yang baik. Kegiatan dilaksanakan sore hari hingga menjelang waktu berbuka puasa. Di lokasi disediakan juga pelayanan Samsat keliling untuk pembayaran pajak kendaraan.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!