by

Kapolres Beri Reward Pengguna Jalan yang Tertib Berlalu-lintas

-Budaya-dibaca 133.41Rb kali | Dibagikan 16 Kali

Kapolres beri reward

CILACAP – Jajaran Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Cilacap, Senin (26/10) pagi, menggelar operasi ketertiban lalu-lintas di perempatan Terminal Cilacap.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Operasi Zebra Candi 2015.

Yang menarik, Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya yang didampingi Kasat Lantas AKP M Taat Resdianto memberikan penghargaan (reward) berupa parsel kepada pengguna jalan yang diketahui tertib berlalu-lintas, yakni pembonceng anak-anak yang akan berangkat sekolah dan memakai helm saat melintas.

Pemberian reward itu guna menekan angka kecelakaan serta untuk mengurangi jumlah pelanggaran lalu-lintas.

“Jika terdapat pengguna jalan yang memboncengkan anaknya menggunakan helm, maka diucapkan terimakasih dan diberikan parsel atau hadiah berupa makanan kecil dan alat tulis untuk anaknya, sementara pengguna jalan yang belum lengkap diberikan teguran,” kata Kapolres.

Ditambahkan, reward juga sebagai motivasi bagi masyarakat pengguna jalan, terutama orangtua yang mengatarkan anaknya berangkat ke sekolah untuk memakai helm saat dibonceng.

“Sehingga menjadi kebiasaan baik di masyarakat, terutama budaya tertib berlalu-lintas berupa pemakaian helm kepada anak-anak untuk keselamatan di jalan,” ujarnya.

Untuk menekan angka kecelakaan yang banyak menimpa anak-anak sekolah, jajaran Satlantas Polres Cilacap juga melakukan kegiatan preventif atau imbauan berupa pembinaan terhadap anak-anak dari sekolah ke sekolah melalui program Police Go To School sebagai upaya untuk menanamkan budaya tertib berlalu-lintas kepada masyarakat sejak usia dini.

Sebagai upaya represif atau penindakannya, dilakukan razia dan menindak tegas pelanggar lalu-lintas berupa penilangan untuk menimbulkan efek jera, agar tidak mengulangi lagi.

Kapolres berharap, ke depan masyarakat pengguna jalan bisa disiplin dalam berlalu-lintas.

Untuk itu, cek dan periksalah kelengkapan kendaraan bermotor sebelum berangkat beraktivitas.

“Kami tidak bangga melakukan penilangan kepada banyak pelanggar, tetapi kami lebih bangga jika masyarakat Cilacap menjadi pelopor dalam mengurangi pelanggaran, dan semoga dengan pemberian reward ini, kesadaran masyarakat mulai tergugah untuk menjadi generasi pelopor keselamatan dalam berlalu-lintas menuju Indonesia tertib bersatu keselamatan nomor satu,” pungkas dia. (estanto)

Comment

Berita Lainnya