Kali pertama, ISJ Regional Jawa Tengah Terlibat Aktif di Jamda Kwarda Jawa Tengah

By: On: Dibaca: dibaca 119.89Rbx
Kali pertama, ISJ Regional Jawa Tengah Terlibat Aktif di Jamda Kwarda Jawa Tengah

Baca Juga: Panel Surya Menjadi Pelita di Tapak Perkemahan Kontingen Kwarcab Jepara

Baca Juga: Indonesia Scout Journalist Regional Jawa Tengah Luncurkan Logo Baru

Baca Juga: ISJ Regional Jateng Bagikan Ilmu Jurnalistik Di Logarawa III UIN Walisongo Semarang

Kali pertama, Indonesia Scout Journalist (ISJ) Regional Jawa Tengah terlibat aktif secara resmi dalam penyelenggaraan Jambore Daerah (Jamda) XV Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah yang berlangsung Senin (26 Agustus 2019) hingga berakhir Sabtu (31 Agustus 2019), di Bumi Perkemahan Mustika Blora bersama Kwarda

Baca Juga: Kak Anggi dan Kak Prima, Dua Anggota Pramuka Purworejo Terbang Ke Amerika Ikuti Jambore Dunia

Koordinator ISJ Regional Jawa Tengah, Kak Ahmad Sidiq menuturkan, awalnya, dalam pelaksanaan Raimuna Cabang Rembang di Buper Karangsari Park, pertengahan bulan Agustus lalu, Kakak-kakak member ISJ Regional Jateng menjadi volunteer (sukarelawan) ikut mempublikasikan kegiatan selama raimuna berlangsung.

Baca Juga: Pramuka Indonesia Harus Lebih Matang

“Nah, kegiatan kita ini mendapat apresiasi dari Kwarda Jateng untuk ikut bergabung secara resmi. Dalam Jamda ini,  kali pertama ISJ Regional Jawa Tengah terlibat aktif dalam kegiatan Kwarda. Kemarin ISJ sebagai komunitas pewarta pramuka telibat aktif membantu bidang humas Jamda. Kami bangga, bisa berkesempatan dan turut mensukseskan Jamda,” tutur Kak Ahmad Sidiq usai kegiatan Zona Gaul Kekinian, (Rabu 27 Agustus 2019) di Bumi Perkemahan Mustika Blora.

Baca Juga: UKM Pramuka UNS Gelar Orientasi Materi Kepramukaan

Member ISJ pemegang ID ISJ #1177 menambahkan, dalam Jamda yang melibatkan utusan 35 Kwarcab se jawa Tengah dan 16 Kwartir Ranting di Blora sejumlah 1.688 orang. ISJ Regional Jawa Tengah bergabung dengan bidang humas Kwarda, dan Satuan Karya (Saka) Widya Budaya Bakti bertugas untuk mempublikasikan berita-berita kepramukaan selama Jamda berlangsung dan menerbitkan dalam bentuk Buletin.

Baca Juga: DKR Gerakan Pramuka Bulu Kabupaten Rembang Bakal Luncurkan Kaleng Koin Pramuka Bulu

Selama Jamda ISJ #11 Jateng menerjunkan puluhan member dan pra member ISJ dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Setidaknya tujuan ISJ dapat dilaksanakan, yakni membantu meningkatkan minat jurnalistik di kalangan anggota Gerakan Pramuka, membantu meningkatkan minat pewarta umum untuk lebih banyak mempublikasikan berita-berita kepramukaan.Serta menghimpun pewarta, baik dari kalangan Gerakan Pramuka maupun dari luar Pramuka, untuk bersama-sama mengembangkan hobi jurnalistik yang dapat dikembangkan menjadi profesi pilihan.

“Lebih heboh lagi, kakak-kakak member ISJ tambah semangat karena mendapat kunjungan dari Kak R. Andi Widjanarko Founder ISJ yang juga Andalan Nasional Bidang Kehumasan dan Informatika. Saya berharap, partisipasi aktif ISJ Regional Jawa Tengah membangkitkan minat jurnalistik di kalangan anggota Gerakan Pramuka, maupun minat pewarta untuk lebih banyak mempublikasikan berita-berita kepramukaan. Baik dalam bentuk tulisan berita maupun foto berita,” tuturnya.

Kak Rico Febrian member ISJ pemegang ID ISJ #1122. Ia mengaku berkesan dengan pelaksanaan Jamda kali ini.

“Beda dengan jamda sebelumnya. Sekarang mayoritas memakai kemajuan teknologi digital, diantaranya mulai dari regietrasi sampai transaksi di stand-stand. Jadi lebih simpel dan sesuai tema yaitu Pramuka Kekinian. Untuk kegiatan tidak membosankan peserta ataupun pendamping mulai dari teori sampai outbond ada,”tuturnya.

Sedangkan Kak Dina Nur Afifah, member ISJ pemegang ID ISJ #1167, mengaku merasa bangga bisa terlibat dalam kegiatan besar Kwarda Jawa Tengah.

“Gimana ya, bangga gitu, dulu saya gagal ikut Jamda juga sih. Jadi ini menjadi pengalaman tersendiri bagi saya. Merasakan gimana capeknya jadi panitia, tapi jujur saya dapat banyak ilmu.Menjadi member ISJ memang keren,” ungkap Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya jurusan Ilmu Sejarah, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Selama Jamda diselenggarakan kegiatan yang terbagi dalam 8 zona, diantara Zona Integritas, meliputi kegiatan Kerohanian / Keagamaan, Upacara dan Apel Pengibaran Bendera Merah Putih Selasa, Upacara Penutupan Jamda XV Pramuka Jateng 2019, Upacara Pembukaan Latihan Pasukan Penggalang, Upacara Penutupan Latihan Pasukan Penggalang, Olah Raga, Bela Negara, Persaudaraan Pramuka (Permainan Persaudaraan, Api Unggun, Anjangsana, Pengembangan Toleransi).

Zona Gaul Kekinian, meliputi kegiatan Digital Literasi dan Workshop Vlog, Jamda e-sport Challenge,Robotika, Pengenalan Drone dan Focus Group Disscussion Penggalang Milenial. Zona Adventure, meliputi Camp Craft, Scout Rescue dan Scout Rally.

Kemudian, Zona Pramuka Peduli, meliputi Waste Manajemen dan Pelatihan Pembuatan Eco Bricks, Pramuka Kader Siaga Bencana Sekolah, Pramuka Peduli Pangan Aman, Penggalang Kader Keselamatan Lalu Lintas.

Selanjutnya, Zona Budaya, meliputi kegiatan Live in Perkampungan Adat Samin, Jamda Carnival, Pentas Seni Budaya, Wisata Edukatif dan Resensi Film. Zona Pengetahuan, Wawasan dan Keterampilan, meliputi Talk Show, KeSAKAan dan Bengkel Terampil.

Zona Scouting Skill meliputi Jamda Tallent Scouting, Scouting Skill Challenge. Zona Pramuka Dewasa dengan kegiatan meliputi Pembekalan Pembina Pendamping dan Gelang Ajar.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!