Kabupaten Purbalingga Menjadi Tuan Rumah Apel Siaga Kesiapan Satlinmas

By: On: Dibaca: dibaca 10.96Rbx
Kabupaten Purbalingga Menjadi Tuan Rumah Apel Siaga Kesiapan Satlinmas

Kabupaten Purbalingga menjadi tuan rumah Apel Siaga Kesiapan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Dan Pilkada Serentak Tahun 2018 Se – Eks  Wilayah Karesidenan Banyumas.

Apel yang dilaksanakan di Alun-alun Purbalingga, Rabu (9/5) diikuti oleh 4 kompi Satlinmas Purbalingga, 1 Kompi Satlinmas Banjarnegara, 1 Kompi Satlinmas Banyumas, 1 Kompi Satlinmas Cilacap serta  beberapa kompi dari Polres Purbalingga, Kodim 0702 Purbalingga, Lanud Jenderal Besar Soedirman dan Kwarcab Purbalingga.

Bupati Purbalingga H. Tasdi SH MM selaku pemimpin apel menyerukan agar Satlinmas bisa mensukseskan Pilkada dan Pilgub Jateng khususnya dari segi sekuriti atau keamanan.  “Satlinmas dituntut terlibat aktif secara profesional dan proporsional, dalam menyukseskan setiap tahapan pemilihan. Hal ini berpedoman pada Permendagri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum,” kata bupati.

Bupati merinci beberapa aspek yang harus menjadi perhatian keamanan Satlinmas, diantaranya menjaga ketertiban keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mengedepankan mekanisme deteksi dini, yaitu identifikasi area rawan keamanan, ketertiban masyarakat. Serta mitigasi terhadap munculnya gangguan keamanan ketertiban masyarakat.

Semua tahapan Pilgub dan Pilkada serentak tahun 2018 juga diminta agar tetap berjalan dengan aman, tertib dan terkendali baik sebelum, pada saat dan pasca pemilihan. Suasana politik yang memanas karena perbedaan aspirasi pilihan, jangan sampai berdampak pada  disintegrasi dalam masyarakat, gangguan kamtibmas apa lagi sampai pada disintegrasi bangsa.

“Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan ditempatkan pada posisi yang utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Selain sukses secara sekuriti, Bupati Tasdi berpesan agar Pilkada dan Pilgus Jateng ini juga sukses secara filosofis, sukses yuridis dan teknis, sukses administratif, sukses sosiologis, dan sukses partisipatif.  Pilkada dan Pilgub Jateng 2018 ini diharapkan bisa sukses memilih pemimpin yang baik yang dapat membawa rakyat kepada kesejahteraan dan kemakmuran,

“Menghasilkan para pimpinan pemerintahan yang sesuai dengan keinginan masyarakat, mempunyai integritas dan karakter yang membanggakan, berkemampuan dan diterima oleh masyarakat, yang pada akhirnya membawa berkah dan kemanfaatan besar bagi masyarakat dalam meningkatkan harkat dan martabat kehidupannya,” kata Bupati.

Seperti diketahui, secara nasional terdapat 171 daerah yang melaksanakan pemilukada secara serentak yang dilaksanakan pada hari Rabu Pon, tanggal 27 juni 2018 nanti. Dari jumlah 171 tersebut terbagi atas 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Khusus Provinsi Jawa Tengah,  disamping Pemilihan Gubernur, juga ada 7 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak yaitu : Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang dan Kota Tegal. Forum apel kesiap siagaan yang merupakan putaran ke VI atau terakhir di Jawa Tengah.

Apel ini dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga beserta Fokompimda Kabupaten Purbalingga, Plh. Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Pangdam IV/Diponegoro yang diwakili Danrem 071/Wijayakusuma, pejabat yang mewakili Bupati Banyumas, Bupati Cilacap, dan Bupati Banjarnegara, para Pimpinan Partai Politik di Purbalingga Ketua KPU, Ketua Bawaslu Beserta Para Ketua Panwascam Se-Kabupaten Purbalingga dan pejabat lainnya.

Pada akhir apel diisi pertunjukan Marching Band Bahana Matahari dari MTs Muhammadiyah 03 Bandingan. Selain itu, Bupati Tasdi dan Wakil Bupati Tiwi juga memberi hadiah uang tunai secara Cuma-cuma kepada masing-masing Kompi Satlinmas Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Purbalingga juga kepada Marching Band Bahana Matahari.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!