Jelang Pilkada Purbalingga, PAC PDIP Bermanuver

By: On: Dibaca: 84,820x
Jelang Pilkada Purbalingga, PAC PDIP Bermanuver

Tasdi : Manuver PAC Hal yang Wajar

Terkait Saling Klaim Dukungan oleh Bacabup
Langkah politik jajaran PAC PDIP yang melakukan komunikasi dengan sejumlah Bacabup dan Bacawabup, merupakan hal yang wajar. Sebab, nama-nama yang melamar ke PDIP terdapat nama dari eksternal partai. Hal itu disampaikan Ketua DPC PDIP Kabupaten Purbalingga H Tasdi SH MM.

Dia menolak anggapan munculnya saling klaim dukungan Pengurus Anak Cabang (PAC), oleh bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup), yang mendaftar ke PDIP, sebagai indikasi tidak solidnya kader PDIP Purbalingga.

“Sehingga wajar jika jajaran PAC dan fungsionaris partai melakukan komunikasi. Tujuannya untuk mengetahui visi dan misi bacabup,” jelasnya kepada Lintas24.com

Dia juga menambahkan, manuver politik yang dilakukan jajaran PAC tidak perlu dipersoalkan. Sebab di internal PDIP, jika rekomendasi sudah turun, segenap komponen partai bakal mengamankan dan memenangkan cabup dan cawabup yang resmi diusung partai. Hal itu, sesuai dengan arahan partai dari DPP PDIP.

Sementara itu, terkait tahapan penjaringan cabup dan cawabup PDIP, enam nama bacabup dan delapan bacawabup, yang mendaftar melalui DPC dan DPD PDIP, akan mengikuti tes wawancara yang dilaksanakan di DPD PDIP Jateng mulai Selasa (12/5).

“Tes wawancara merupakan bagian dari penjaringan tahap pertama,” kata Tasdi, yang juga menjadi salah satu bacabup PDIP.

Tasdi mengatakan proses penjaringan Bacabup dan Bacawabup PDIP mengacu pada SK DPP Nomor 031 tahun 2011. Salah satu tahapan yang dilakukan adalah penjaringan di tingkat DPD.

Dalam wawancara akan ditanyakan mulai komitmen terhadap partai serta hal lain berkaitan dengan pencalonan. “Nantinya dari hasil penjaringan tahap pertama akan dilakukan penjaringan tahap kedua yang dilakukan di tingkat DPP PDIP,” ungkapnya.

Dari hasil penjaringan tahap pertama akan dipilih sekurang-kurangnya dua nama Bacabup dan dua nama Bacawup untuk mengikuti penjaringan tahap kedua yang dilaksanakan DPP PDIP. Nama yang lolos dalam penjaringan tahap pertama akan mengikuti sekolah partai. “Nantinya DPP PDIP yang akan menurunkan rekomendasi untuk pasangan Cabup dan Cawabup,” lanjutnya.

Seperti diketahui bacabup  yang mendaftar masing-masing adalah H Tasdi SH MM (Wakil Bupati/Ketua DPC PDIP), Imam Subijakto (Sekda), Sukento Rido Marhaendrianto (Bupati), Ken Ragil Turatno (pengusaha), Kris Hartoyo (Wakil Ketua DPC PDIP) dan HM Ichwan (Anggota DPRD Jateng).

“Untuk bacawabup ada nama Sidik Purwanto (Kepala KPAD), Hj Nurul Hidayah Supriyati (Ketua DPC PPP), Barosyad (pengusaha), Dyah Hayuning Pratiwi (fungsionaris DPC PDIP),  Muhammad Yani (Kades Munjul) dan Khodirin (fungsionaris DPC PDIP). Sedangkan dua nama mendaftar ke DPD PDIP yaitu Aman Waliyudin dan HR Bambang Irawan,” paparnya.

Sementara itu, juru bicara PAC PDIP, Karseno mengatakan, 18 PAC telah memberikan pernyataan sikap tertulis kepada DPD dan DPP atas soliditas mereka mendukung bakal calon bupati dari kader internal.

“Pernyataan yang ditandatangani oleh Ketua PAC dan Sekretaris itu sudah kita kirimkan ke DPD, kemarin (12/5). Kami mendukung kader internal yang sudah terlihat kiprahnya, seperti Tasdi SH MM dan HR Bambang Irawan,” tegas Ketua PAC Karangmoncol ini, Selasa (12/5).

Meski begitu, semua kepastian penerima rekomendasi tetap ditentukan DPP PDIP. Begitu juga siapapun yang nantinya akan direkomendasi DPP, maka kader PDIP akan bersatu mendukung pemenangannya.

Pihaknya berharap agar rekomendasi bisa diberikan kepada pasangan Tasdi dan Bambang Irawan. Karena mereka sudah terlihat rekam jejaknya baik di partai maupun lembaganya. “Kami berkomitmen dan jajaran PAC tetap solid dan tidak terpecah-pecah,” tambahnya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!