Menu
Media Online Terpercaya

Jangan Luhut, Presiden Jokowi Diusulkan Pimpin Langsung PPKM Darurat

  • Share
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi saat meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di kawasan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta, 25 Juni 2021. Kehadiran Jokowi ini tidak dijadwalkan dalam agenda resmi presiden. Foto: istimewa

Tim kolektif

Nantinya lanjut Luqman Hakim, apa bila Presiden Jokowi menilai perlu menunjuk pimpinan teknis PPKM Darurat.

Bisa membentuk tim kolektif yang terdiri atas Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menkopolhukam, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Sekretaris Negara, Kapolri, dan Panglima TNI.

Baca Juga: Korlantas Polri Siapkan 407 Titik Penyekatan dan Pengendalian Mobilitas Selama PPKM Darurat

“Komposisi itu akan menjamin PPKM Darurat menggabungkan semua aspek pendekatan: kesehatan, teritorial, agama, hukum, sosial, serta keamanan,” kataya.

Persyaratan kedua, kata Luqman, anggaran jaring pengaman sosial perlu ditambah, setidaknya mencakup bansos, bansos tunai, insentif tenaga kesehatan daerah, subsidi upah pekerja formal/informal, insentif industri, dan subsidi UKM/UMKM.

Baca Juga: Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Kemungkinan Ditunda

“Skema realisasi kebijakan bantuan sosial itu harus disosialisasikan sejelas-jelasnya kepada masyarakat pada saat perpanjangan PPKM darurat diumumkan,” ujarnya.

Ketiga, menurut dia, vaksinasi harus menjadi bagian dari paket kebijakan PPKM darurat Jawa dan Bali serta PPKM mikro di luar Jawa dan Bali yang pelaksanaannya menggunakan pendekatan teritorial, yaitu desa/kelurahan, dusun/RW, dan RT.

Selain itu, untuk vaksinator dimobilisasi dari tenaga kesehatan pusat, daerah, tenaga kesehatan milik TNI, Polri, ormas, dan mahasiswa-mahasiswi tingkat akhir di fakultas-fakultas kedokteran, Akademi Kebidanan (Akbid), dan Akademi Keperawatan (Akper).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *