Jalur Utama Mudik di Purbalingga Terang Benderang

By: On: Dibaca: 94,450x
Jalur Utama Mudik di Purbalingga Terang Benderang

masyarakat-tak-lagi-gunakan-genset-300x225

Pemkab Purbalingga memastikan jalur utama mudik di Purbalingga terang benderang. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bahkan menyiagakan pekerja untuk memperbaiki lampu penerang jalan umum (LPJU) di ruas jalan utama tersebut.

Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Perkerjaan Umum (DPU) Purbalingga Heru Budi Hartono, Minggu (3/7) mengemukakan,  sebelum arus mudik, pihaknya sudah berkeliling mengecek dan memperbaiki LPJU yang rusak di sepanjang jalur mudik terutama di daerah rawan kecelakaan seperti di jalur Karangreja-Bobotsari, Bobotsari-Purbalingga, Kalimanah-Purbalingga dan Kalimanah-Bukateja.

“Jika saat ini ada lampu yang mati dan mendesak diperbaiki, begitu ada laporan, petugas kami segera datang dan memperbaiki walaupun sebenarnya saat ini mereka sudah libur,” katanya.

Sementara itu untuk ruas jalan alternatif dan jalan kabupaten juga sudah terang. Walaupun diakui untuk seratus persen menyala selama arus mudik adalah hal yang mustahil. Sebab banyak faktor yang menyebabkan lampu tersebut mati seperti cuaca atau aliran listrik terputus.

Asal tahu saja, Pemkab Purbalingga menganggarkan Rp 467 juta untuk pengadaan dan pemasangan lampu jalan terutama di ruas jalan di tiga lokasi yaitu ruas jalan Bancar-Jatisaba (Kecamatan Purbalingga) sebanyak 18 unit, ruas jalan Kecamatan Bobotsari-Kecamatan Karanganyar sebanyak 27 unit dan ruas jalan Karangreja-tugu batas Pemalang sebanyak 22 unit.

“Tiga jalan tersebut memang kondisinya gelap dan rawan terjadi tindak kriminal pada malam hari. Sehingga kami usulkan untuk dilakukan pemasangan LPJU,” katanya.

Di luar itu, Pemkab Purbalingga juga akan mendapatkan bantuan LPJU dari provinsi sebanyak 40 unit berupa lampu bertenaga sinar matahari (solar sel). Lampu tersebut direncanakan akan dipasang di ruas Jalan Kemangkon-Bokol (Kecamatan Kemangkon) dan ruas jalan Grecol-Kalimanah (Kecamatan Kemangkon).

Sementara itu, tahun ini ruas jalan Karangreja-Bobotsari juga akan diterangi lampu yang berasal dari bantuan Dinhubkominfo Provinsi Jateng. Adapun jumlahnya 70 unit dan sudah menyala sebelum lebaran tiba.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!