Jalur Pantai Selatan Didesain Untuk Kendaraan Bertonase Maksimal 8 Ton

By: On: Dibaca: 19,890x
Jalur Pantai Selatan Didesain Untuk Kendaraan Bertonase Maksimal 8 Ton

Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur wisata didesain untuk kendaraan bertonase maksimal 8 ton. Konstruksi jalan dibuat dengan kemiringan tertentu sehingga dapat mengalirkan air hujan dan meminimalisir adanya genangan.

Baca Juga : Pemudik Lebih Baik Pilih Jalur Pantai Selatan Jawa

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga Akhmad Cahyadi menjelaskan, tahun ini, salah satu ruas Pansela yang telah rampung ditangani berada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yakni ruas Tambakmulyo-Congot sepanjang 52,6 Km. Kondisi ruas jalan tersebut kini sudah beraspal dan lebih lebar dari semula 4,5 sampai 5 meter menjadi 6,5 meter untuk badan jalan, dengan masing-masing lebar bahu jalan 2,5 meter

Baca Juga : Pesona AC Mobil Purbalingga Siap Memanjakan Kendaraan Anda Untuk Mudik

“Karena jalannya yang bagus dan juga memiliki pemandangan yang indah serta terdapat banyak obyek wisata. Maka, kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan.,”ungkapnya kepada cyber lintas24.com, Senin (12 Agustus 2019).

Baca Juga : Wabup Kebumen Dukung Perjuangan Nasib Guru Honor

Ia menambahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kemantapan jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.405 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.

Baca Juga : Family Gathering Warga Perum Griya Abdi Kencana Purbalingga Nikmati Indahnya Pantai Suwuk dan Goa Jatijajar Kebumen.

Peningkatan kondisi jalan Pansela Jawa bertujuan memperlancar konektivitas di selatan Pulau Jawa sehingga diharapkan mengurangi kesenjangan dengan wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa yang lebih maju serta menjadi jalur wisata.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!