Jalingkut Brebes Segera Dipercepat, Siap Ratakan Bangunan Liar

By: On: Dibaca: 17,931x
Jalingkut Brebes Segera Dipercepat, Siap Ratakan Bangunan Liar

Proyek Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) di Kabupaten Brebes terus dipercepat pembangunan. Ruas Jalingkut sekitar 17 kilometer, mulai dari Kabupaten Brebes dan Kota Tegal. Yakni, mulai dari Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Brebes hingga Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Namun panjang ruas yang masuk wilayah Kabupaten Brebes mencapai 12 kilometer mulai dari Bangsri hingga Kaligangsa Wetan (Kecamatan Brebes).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Ahmad Syatib mengungkapkan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU-PR terus memercepat pembangunan. Meski begitu, berdasarkan hasil inventarisasi awal Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN), ada beberapa lahan Jalingkut yang dimanfaatkan warga.

Sedikitnya, 10 hingga 15 rumah warga yang berdiri di sepanjang lahan. Selain itu, ada juga lahan yang dimanfaatkan warga untuk menanam bawang merah.

“Sudah saya perintahkan, dalam waktu dekat ini, bangunan atau sawah warga yang memanfaatkan lahan Jalingkut ini akan kami tertibkan. Namun sebelum penertiban, kami bersama kepala desa dan camat yang wilayahnya dilintasi Jalingkut akan melaksanakan sosialisasi,” ucap i, Senin 12 Agustus 2019.

Untuk itu, dirinya meminta warga bisa memahaminya dan segera mombongkar atau memindahkan bangunan atau yang punya tanaman, jangan kembali menanam di lahan jalingkut.

“Kan sudah jelas. Lahan itu bukan miliknya, dan dalam penertiban ini tidak ada ganti rugi. Untuk tanaman, jangan kembali menanam kalau sudah di panen,” kata dia.

Bahkan, lahan yang tersedia untuk Jalingkut dan sudah dibebaskan dengan lebar badan jalan 20 meter. Namun yang baru dibangun sekitar 10 meter.

“Upaya kami mendukung percepatan infrastruktur dengan melakukan sosialisasi ke masyarkat terkait kelanjutan proyek ini dan tim BBPJN juga akan melakukan survai kembali. Kami berharap proyek Jalingkut ini bisa selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!