by

Jalan Makam Amblas Hampir Separuh

-Daerah-dibaca 104.30Rb kali | Dibagikan 38 Kali


DSC_1399
Ruas jalan kabupaten tepatnya di Desa Makam, Kecamatan Rembang amblas hampir separuh badan jalan sejak sepekan lalu. Hal itu terjadi karena air yang mengalir di saluran irigasi tepi jalan meluap akibat hujan yang turun deras.


“Amblasnya jalan itu bersamaan dengan longsor dan banjir yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Rembang minggu lalu,” kata salah satu warga Desa Makam, Kustantoro, kemarin.

Di sekitar lokasi sudah dipasang tanda peringatan berupa pagar dari plasik dan sejumlah pot. Hal itu agar diketahui oleh pengguna jalan yang melintas ruas jalan tersebut. Pengendara dipastikan harus hati-hati saat melintas mengingat, sungai 
kecil yang berada di tepi jalan itu cukup dalam jika terjatuh.

“Kami harap ada segera perbaikan. Sehingga nanti saat lebaran, masyarakat tidak terganggu. Karena jalan ini pasti nanti ramai karena satu-satunya akses dari Purbalingga menuju Kecamatan Rembang,” kata Kepala SD 3 Makam tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Prasarana Jalan Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purbalingga, Nugroho Priyo Pratomo mengatakan, untuk perbaikan jalan longsor tersebut masih dalam proses pembahasan apakah akan ditangani oleh DPU atau Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana (BPBD) karena kerusakan itu akibat bencana.

“Saat ini masih dibahas di TPAD anggaran perubahan. Nanti jika memang harus ditangani oleh DPU, maka akan dilakukan menggunakan dana darurat. Atau kalau tidak, saat ini sedang ada pengerjaan pengecoran jalan Rajawana-Makam, nanti kami 
mintakan dari kontraktor untuk ikut memperbaiki. Kan material dan alat sudah ada, paling penerjaan sehari dua hari selesai,” katanya.

Terkait permintaan warga agar jalan tersebut diselesaikan sebelum lebaran, Nugroho memastikan, jalan itu bisa dilalui normal sebelum lebaran. Sebab, jalan itu merupakan akses utama masyarakat Purbalingga ke wilayah timur laut.

Comment

Berita Lainnya