by

Jalan Lingkar Alun-alun Purbalingga Ternyata Sudah Bernama. Banyak Warga Belum Tahu

-Daerah, Update-dibaca 58.59Rb kali | Dibagikan 778 Kali

Banyak masyarakat Purbalingga yang belum mengetahui, ternyata sudah sejak tahun 2017 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga telah memberi nama jalan lingkar Alun-alun Purbalingga.

Hal itu, dibuktikan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Purbalingga nomor 621/22/Tahun 2017, tentang status ruas-ruas jalan sebagai jalan kabupaten di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Dalam lampiran Perbup tertulis jalan lingkar Alun-alun sudah memiliki nama. Yakni, Jalan Ir Soekarno di sisi utara atau depan Pendapa Dipokusumo dengan panjang jalan 0,107 kilometer, Jalan Moh Hatta di sisi selatan dengan panjang 0,110 kilometer, Jalan KH Ahmd Dahlan di sisi timur (0,120 kilometer), serta Jalan KH Hasyim Asy’ari (0,100 kilometer). Status keempat jalan tersebut adalah jalan Kabupaten.

Seperti yang diungkapkan oleh Rusmanto, warga Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga ini mengaku, belum mengetahui bahwa jalan lingkar Alun-alun sudah ada namanya.

“Saya baru tahu ini, kalau tidak diberi tahu maka saya tak akan tahu (jalan lingkar Alun-alun sudah bernama),” katanya kepada .radarbanyumas.co.id yang dikutip media siber lintas24.com dan tabloid elemen  , Senin (7 September 2020).

Dia mengaku, ketidaktahuan tersebut dikarenakan tak ada sosialisasi dari Pemkab terkait nama jalan tersebut. Apalagi, di jalan lingkat Alun-alun tak ada papan nama jalan, yang menyebutkan nama jalan tersebut.

Hal senada diungkapkan oleh Andi, warga Kecamatan Purbalingga lainnya. Dia justru menyebutkan jalan lingkar Alun-alun masih bernama Jalan Jenderal Soedirman.

“Jalan di sisi barat dan timur Alun-alun adalah Jalan Jenderal Soedirman. Jadi saya mengiranya, jalur lingkar Alun- alun juga namanya masih sama,” ujarnya ditemui terpisah.

Dia meminta kepada Pemkab Purbalingga, untuk memasang nama jalan baru tersebut di empat sisi jalan lingkar Alun-alun. Sehingga, masyarakat mengetahui adanya nama jalan baru tersebut.

“Perlu sosialisasi agar masyarakat tahu,” katanya.

 

 

Comment

Berita Lainnya