Jadi Event Budaya Nasional, Nelayan Gelar Sedekah Laut

By: On: Dibaca: 141,685x
Jadi Event Budaya Nasional, Nelayan Gelar Sedekah Laut

Bupati di Sedekah Laut 2015

CILACAP  Sebagai calendar of event tahunan pariwisata, sedekah laut yang merupakan bentuk ungkapan rasa syukur para nelayan kepada Allah SWT yang telah memberikan hasil laut yang melimpah, nelayan Cilacap kembali menggelar upacara sedekah laut, Jumat (23/10).

Kegiatan gelar budaya tersebut dilakukan dengan mengarak dan melarung satu jolen tunggul dan sembilan jolen sesaji yang merupakan perwakilan dari delapan kelompok nelayan yang ada di Cilacap.

Sebelum dilarung di Laut Selatan, jolen tunggul yang disajikan oleh Pemkab Cilacap dan jolen-jolen dari kelompok nelayan Cilacap, diarak dari Pendopo Wijayakusuma Sakti, kompleks Pemkab Cilacap menuju Pantai Teluk Penyu sepanjang 2 kilometer.

Prosesi arak-rakan jolen tersebut dibawa dengan berjalan kaki. Delapan kelompok nelayan yang menyajikan jolen terdiri dari kelompok nelayan Donan, Sentolokawat, Bakung, Pandanaran, PPSC, Tegalkamulyan, Lengkong, dan Kemiren.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta istri, Hj Tetty Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Akhmad Edi Susanto beserta istri, Ny Nurhayati, Muspida, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, para wakil ketua DPRD, serta para kepala SKPD di jajaran Pemkab Cilacap dengan mengenakan pakaian ala nelayan, ikut bersama para nelayan dan masyarakat Cilacap mengarak jolen tersebut dengan menumpang kereta kuda dan andong.

Untuk mengiringi pelarungan jolen di Laut Selatan, nelayan Cilacap juga menyajikan sejumlah atraksi kesenian mulai dari tari olah keprajuritan hingga barongsai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Cilacap Indar Yuli Nyataningrum mengatakan, kegiatan sedekah laut merupakan tradisi tahunan yang sudah berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817.

Kegiatan tersebut sempat terhenti lama, dan baru dihidupkan kembali pada masa pemerintahan Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982, dan berlanjut hingga sekarang.

“Sekarang ini sebenarnya dalam perayaan sedekah laut, masing-masing kelompok nelayan yang ada di Cilacap juga melaksanakan sendiri di kelompoknya. Hanya saja, sebagai bentuk partisipasi di Teluk Penyu, para nelayan mengirimkan perwakilannya lengkap dengan jolen sesaji,” katanya.

Ditambahkan, gelar budaya sedekah laut juga sudah masuk agenda wisata budaya nasional yang digelar di Cilacap. “Setidaknya ada dua yang masuk agenda promosi wisata nasional, yakni sedekah laut dan festival perahu naga,” ungkapnya. (estanto)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!