Istimewa dan Bermanfaat, Program Rantang Berkah Besutan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi

By: On: Dibaca: dibaca 164.68Rbx
Istimewa dan Bermanfaat, Program Rantang Berkah Besutan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi

Program rantang berkah besutan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sudah terasa manfaatnya. Kecamatan Kaligondang penerima manfaat yang berjumlah 44 orang lansia terpantau baik. Hal tersebut diketahui saat tim monitoring dan evaluasi (Monev) oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP),  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga, Dinkominfo, dan Bagian Kesra Setda Purbalingga.

Sumini, penyedia rantang berkah yang ditunjuk DKPP untuk melayani 7 Desa di Kaligondang mengaku akan menanyakan terlebih dahulu menu yang disukai para lansia. Makanan pedas dan bersantan banyak dihindari oleh para lansia dan Sumini akan menyesuaikan kebutuhan tersebut.

“Saya akan menanyakan terlebih dahulu apa yang diinginkan lansia. Biasanya mereka akan minta untuk tidak pedas dan bersantan. Sayuran, daging baik ayam atau sapi juga saya tanyakan terlebih dahulu keinginan mereka,” kata Sumini, Kamis (19 September 2019).

anggota tim Monev dari unsur DKK Purbalingga, Emut Kurniasih menuturkan, kualitas kesehatan lansia penerima rantang berkah di Kecamatan Kaligondang meningkat karena terjadi komunikasi yang baik antara penerima dan penyuplai.

“Tadi dicek tekanan darahnya, kolesterolnya dan asam uratnya juga baik,” ujarnya.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP, Sunarto menegaskankan, penyaluran program rantang berkah sudah tepat sasaran. Kriteria berupa lansia sebatang kara, tidak bisa bekerja lagi, diatas enam puluh tahun sudah bisa dipenuhi.

“Sudah. Sudah bisa tepat sasaran dan terus kita evaluasi agar penyaluran ini tetap tepat sasaran,” ujarnya Sunarto.

Dia menambahkan, tahun depan 2020 jumlah 305 akan ditingkatkan menjadi 497 penerima manfaat diperuntukan untuk lansia yang tersebar di 18 Kecamatan. Menurutnya, peningkatan jumlah tersebut agar persebaran penerima manfaat merata di setiap Kecamatan yang saat ini baru ada tujuh Kecamatan yang menerima manfaat itu.

“Di tahun 2020 mendatang akan ditambah menjadi 497 penerima,” pungkasnya.

 

 

 

One Response

  1. Program Rantang Berkah – inovasi.purbalinggakab.go.idOctober 8, 2019 at 4:07 amReply

    […] Istimewa dan Bermanfaat, Program Rantang Berkah Besutan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi https://satelitpost.com/regional/purbalingga/pemkab-purbalingga-launching-rantang-berkah Inovasi Unggulan […]

Leave a Reply

error: Content is protected !!