ISC UMP,  Mahasiswa Negara Manca Kagumi Budaya Banyumas

By: On: Dibaca: 4,303x
ISC UMP,  Mahasiswa Negara Manca Kagumi Budaya Banyumas

Mahasiswa negara manca yang berasal dari Malaysia, Pilipina, Sudan dan Turkey mengagumi budaya Indonesia, termasuk Banyumas, Jawa Tengah. Mereka tidak segan-segan untuk belajar tari, dan gamelan. Mereka juga mengamati pola perilaku masyarakat, termasuk cara makan, jenis makan yang disantap, serta alat makan yang digunakan.

Ketua Pelaksana ISC 2019, Novi Haryanti, M.Pd menyebutkan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) kembali gelar Internasional Summer Course (ISC)  2019 bertajuk  “Traditional  Herbal Medicine and Cosmetic”. Karena tema ini sudah menjadi ‘branding’ tema ISC untuk UMP. Disamping melihat antusiasme peserta dengan tema tersebut. Tema ini juga diusung sebagai tema unggulan dari Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran UMP

“Hingga saat ini UMP telah tiga kali menyelenggarakan ISC dengan mendatangkan mahasiswa luar negeri. Selain berinteraksi dengan masyarakat, mereka juga dikenalkan dengan sejumlah budaya di Banyumas, termasuk membuat tempe mendoan, makanan khas Banyumas,”ungkap Novi kepada cyber media lintas24.com, Rabu (24 Juli 2019)

Lebih lanjut Novi menjelaskan ISC dilaksanakan selama 2 pekan dengan berbagai macam kegiatan baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Beberapa dosen dari Fakultas Kedoktera UMP, Fakultas Farmasi dan Fakultas Pertanian menjadi narasumebr dalam kegiatan ini.

“Mereka berkesempatan membagi pengetahuan tentang bagaimana mengolah bahan herbal menjadi obat dan kosmetik ditinjau dari kandungan manfaat, dari aspek manfaat kesehata dan tinjuan medis serta bagaimana menumbuhkan tanaman obat dengan cara hidroponik dan organik,” ungkapnya.

Sementara itu, Nurul Shahirah Binti Zaihan salah satu Mahasiswa dari Malaysia mengungkapkan ketertarikannya terhadap UMP yang memberikan kesan mendalam.

“Ini kali pertama saya datang ke UMP, Pengalaman kesini sangat menarik. Karena disini saya bisa belajar sesuatu yang baru dan selama dua minggu ini saya mendapatkan ilmu pengetahuan tentang Traditional  Herbal Medicine and Cosmetic,”katanya.

Senada dengan itu, mahasiswa lain Celsea Garcia mengungkap, pertunjukan tari yang disajikan sangat bagus dan bisa mambantu dalam mengenalkan budaya Indonesia.

“Pertunjukan tarinya sangat keren, dan itu sangat membantu kami untuk lebih mengenal budaya Indonesia dan saya sangat senang dengan aktivitas hari ini karena hari ini kita menyaksikan bagaimana cara membuat lotion dan lipstick dan itu sangat membantu kami (mahasiswa teknik kimia), pungkasnya

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!