Irfan Faizul Haq – Peringkat Pertama Jurusan TKJ SMK YPT 2 Purbalingga Tahun 2017

By: On: Dibaca: dibaca 405.30Rbx
Irfan Faizul Haq –  Peringkat Pertama Jurusan TKJ SMK YPT 2 Purbalingga Tahun 2017

Baca Dulu Baru Mencoba

 

Ada pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Seperti halnya untuk menguasai komputer, kita harus mengenal dulu aplikasi-aplikasi dan fungsi komputer itu sendiri agar dapat memfungsikan komputer itu sebagaimana mestinya.

Seperti yang dilakukan Irfan Faizul Haq, lulusan Jurusan Teknik Komputer jaringan SMK YPT 2 Purbalingga tahun 2017 ini. Dia membagi tips menggunakan komputer dengan cepat, untuk dapat menguasai komputer, cobalah buka aplikasi-aplikasi tersebut dan lihatlah apa yang ada di dalamnya, dengan begitu kita tahu apa fungsi dari aplikasi-aplikasi dalam komputer kita, kalaupun aplikasi di komputer kita masih minim

“Coba carilah aplikasi-aplikasi komputer di internet atau di teman anda sebagai alat untuk anda belajar dan mengerjakan sesuatu,”ungkap siswa peringkat satu di Jurusan Teknik Komputer jaringan ini.

Irfan mengaku, membaca buku-buku referensi komputer juga dapat membantu membuka wawasan kita. Selain itu juga bisa berselancar di dunia maya.  Internet tersedia banyak artikel-artikel tentang komputer dan cara mengaplikasikannya,

“Buka Google dan cari apa saja disana mengenai komputer, apa saja dan bacalah,”ungkap pria kelahiran Purwokerto , 30 Desember 1999.

Anak kedua dari empat bersaudara ini mengungkapkan, sebenarnya jika kita bisa  menguasai Bahasa Inggris kita akan mudah memahami hal ini dan belajar komputer pun akan semakin mudah kita kuasai. Namun, kita boleh tidak harus menghafal untuk ini, cukup kita memahami saja hardware-hardware komputer.

“Secara umum beserta fungsinya, begitu juga dengan sistem komputer itu sendiri, kita harus memahami bagaimana sistem komputer itu berjalan,”ungkap anak dari pasangan Wargianto dan Coryna Cartlen

Ia menyakini, sebenarnya mengalamai kesalahan dan menghadapi kerusakan itu hal yang lazim selama proses belajar, bahkan yang sudah mahirpun masih sering melakukan kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kerusakan,

“Jadi kita tidak perlu takut jika komputer sistemnya bermasalah, terkecuali anda membanting atau memukul-mukul keyboard. Itu yang perlu di khawatirkan,”ungkap Irfan.

Lulusan SD Negeri 1 Onje, SMP Negeri 5 Purbalingga ini menceritakan tentang Jurusan Teknik Komputer, secara umum, jurusan ini mempelajari tentang sistem komputer yang terdiri dari hardware, software, dan jaringan komputer serta berkaitan dengan teknologi dari desain, konstruksi, implementasi, dan pemeliharaan komponen hardware dan software dari sistem komputer yang modern.

“Asyiknya, jurusan ini tidak hanya mempelajari komponen-komponen komputer (hardware) tetapi juga perangkat lunak (software) dari komputer sehingga lulusan jurusan ini dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut ke dalam berbagai penerapan komputer,”ungkap Irfan yang bertempat tinggal di Jalan Sekar Tanjung 1 Nomer 6 Perumahan Griya Abdi Kencana Purbalingga.

Dalam Ujian Nasional tahun 2017, Irfan Faizul Haq mengumpulkan nilai sejumlah 323 yang terbagi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia (82), Bahasa Inggris (90), Matematika (78), Kejuruan (73). Dengan nilai rerata 80,75 Irfan berhak menempati peringkat pertama di Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan peringkat ke empat tingkat SMK YPT 2 Purbalingga. (yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!