Internet Gratis Pemkot Bantu Guru dan Pelajar

By: On: Dibaca: dibaca 21.91Rbx
Internet Gratis Pemkot Bantu Guru dan Pelajar

 

Layanan internet gratis program Pemkot Madiun tidak hanya untuk masyarakat umum. Namun, juga mulai menyentuh dunia pendidikan.

Salah satunya, seperti yang terpasang di halaman depan SMPN 6 Madiun ini. Keberadaan layanan internet berupa wifi manage service berkecepatan 20 mbps produk PT Telkom itu ternyata cukup membantu pelajar dan tenaga pendidik di sekolah tersebut.

‘’Wifi ini memang untuk umum. Tetapi karena titiknya dekat dengan sekolah, kami ikut kebagian kemudahan akses internetnya,’’ kata Sarpras IT SMPN 6 Madiun Dian Widyawati

Tenaga pendidik yang paling merasakan manfaat wifi gratis tersebut. Sebab, titik pemasangan tak jauh dari ruang guru. Mulai sekedar mengakses media sosial, mencari referensi, hingga untuk membuka dapodik.

Bahkan, pihak sekolah memindahkan layanan internet yang dulu dipakai ke ruang lain setelah adanya wifi gratis sekitar dua bulan terakhir itu. Dian mengaku keberadaan internet gratis itu cukup membantu.

‘’Sangat membantulah. Tetapi kadang tidak sampai ke luar ruang sebelah barat. Jadi harus di dekat-dekat sini saja,’’ akunya.

Bukan hanya tenaga pendidik, anak didiknya juga merasakan manfaat internet gratis itu. Anak-anak, kata dia, biasa mengakses internet saat diluar kegiatan belajar mengajar (KBM). Mulai untuk mencari referensi tugas hingga sekadar hiburan. Apalagi, terdapat mata pelajaran TIK untuk tingkat SMP. Namun, pihaknya melarang keras pelajar mengakses saat jam belajar dengan piranti handphone. Penggunaan handphone memang dilarang untuk pelajar SMP saat jam belajar.

Namun, bukannya tanpa masalah. Dian menyebut koneksi sering terputus mendadak. Usut punya usut, sengaja disetting seperti itu. Alasannya, untuk menghindari penyalahgunaan internet. ‘’Ke depan mungkin perlu ada wifi gratis khusus untuk sekolah. Karena keberadaannya cukup dibutuhkan,’’ ungkapnya. (willy nugraha_mgr)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!