Menu
Media Online Terpercaya

Ini Tips Cara Naik Bus yang Aman dan Nyaman

  • Share
Bus Sumber Alam
Bus Sumber Alam. Foto: sumberalam.co.id

Bus merupakan salah satu transportasi andalan untuk berpergian, khususnya jarak jauh. Tak ada salahnya, mencoba untuk digunakan sebagai sarana transportasi berlibur.

Bagi Anda yang belum pernah naik bus ini beda dengan bus kota atau AKAP, armada yang digunakan kebanyakan armada baru dengan tipe “Eksekutif” setara dengan bus pariwisata atau patas.

Kursinya empuk dengan konfigurasi kursi 2-2, sudah full AC, VCD player, LCD monitor dan memberikan servis makan malam gratis namunada juga yang tidak.

Sebelum naik, biasanya penumpang membeli tiket dan menunggu dulu di Agen resmi atau di terminal. Jumlah penumpang pun sesuai dengan jumlah tiket, jadi tidak bakal bersempit-sempitan seperti di bus ekonomi.

Nah berikut beberapa tips cara nyaman naik Bus untuk berlibur. Mudah-mudahan berguna bagi Anda erutama yang akan dan untuk pertama kali naik Bus Malam, silahkan disimak :

Beli tiket jauh-jauh hari di Agen resmi

Tidak seperti naik bus kota/angkot yang bayar setelah naik, naik bus malam harus beli tiket sebelumnya. Disarankan untuk membeli minimal tiga hari sebelum keberangkatan guna menghindari tiket habis, terutama ketika Weekend.

Lebih lama, lebih bagus, apalagi kalau musim liburan semester, biasanya harus membeli seminggu sebelumnya. Dan kalau lebaran, minimal sebulan sebelum hari H.

Tiket bisa dibeli di Agen resmi baik itu di pool maupun di terminal, Tiket berisi nama penumpang dan HP, nomor kursi, nomor bus, tempat duduk, jam kumpul penumpang dan keberangkatan.

Tiket biasanya juga termasuk sebagai kupon servis makan gratis.

Datanglah tepat waktu

Bus memiliki target waktu berangkat dan tiba. Usahakan untuk datang sebelum jam kumpul penumpang, atau paling telat jam keberangkatan.

Jam kumpul penumpang biasanya 30 menit sebelum jam keberangkatan bus. Kalau sampe telat setengah jam lebih, kemungkinan besar Anda akan ditinggal sebagai konsekuensi untuk menghormati penumpang yang lain.

Pisahkan Barang Bawaan Berharga

Bus juga menyediakan bagasi bagi penumpangnya, setidaknya satu koper besar. Bagi Anda yang membawa banyak barang, usahakan untuk memisahkan barang berharga.

Biasakan menaruh pakaian dan barang berat di koper/tas besar untuk ditaruh di bagasi Bus, sebelumnya kita kasih tanda / nama.

Sedangkan Dokumen penting dan Laptop ditaruh di tas punggung dan dibawa naik di dalam bus. Taruh tas di depan bawah kursi. Untuk oleh2 seperti makanan biasanya ane taruh di rak di atas kursi.

Bawa air minum dan snack

Meskipun mayoritas bus menyediakan servis makan, dianjurkan untuk membawa makanan, setidaknya air minum.

Kenapa? karena waktu makan malam rata2 2-3 jam setelah bus berangkat, tentunya lama waktu tersebut bisa buat Anda kelaparan. Beberapa Bus juga menyediakan air minum dan snack secara gratis..

Jangan buang tiket setelah naik bus

Setelah naik bus, tetap simpan tiket sampai di rumah makan karena ditukarkan sebagai kupon servis makan di rumah makan.

Pakai jaket dan kaos kaki

Pakailah jaket dan kaos kaki karena AC di bus kebanyakan diset cukup dingin, IMHO lebih dingin dari mobil pribadi.

Biasanya suhunya di set 21 C – 19 C. Pihak bus biasanya sudah menyediakan selimut, tetapi ya lebih ‘sreg’ lagi kalau kita pakai jaket sendiri.

Bawa barang berharga saat makan

Ketika Bus berhenti di rumah makan, wajib buat membawa barang berharga Anda. Di rumah makan banyak bus lain dan orang lalu lalang, disinilah tidak menutup kemungkinan dapat dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Toilet Bus hanya untuk buang air kecil saat bus berjalan

Toilet bus memang sebenarnya sifatnya emergency saja, jadi cuma boleh digunakan untuk buang air kecil.

Itupun hanya saat bus berjalan. Ketika bus berhenti di rumah makan atau SPBU, disarankan untuk buang air di toilet umum. Jangan lupa untuk izin kru bus supaya tidak ditinggal.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.