by

Ini Profil Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Kasus Covid-19 di Indonesia

Nama Achmad Yurianto menjadi terkenal saat pandemi covid-19 di Indonesia. Bermula dari penugasannya mengatur observasi WNI yang pulang Wuhan, China di pulau Natuna. Ia ditunjuk pemerintah untuk menjadi juru bicara pemerintah penanganan kasus virus corona di Indonesia.

Hingga saat ini, Achmad Yurianto selalu memberikan update terkini soal kasus virus corona. Belum mengenalnya, cyber media lintas24.com merangkum dari berbagai sumber profil Achmad Yurianto untuk Anda:

Achmad Yurianto menempuh pendidikan S1 Kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya dan lulus tahun 1990. Selama masa perkuliahan, ia aktif dalam organisasi dan dipercaya menjadi Komandan Resimen Mahasiswa Unair tahun 1986 sampai 1988.

Selepas kuliah, Achmad Yurianto mengawali kariernya menjadi dokter militer. Tahun 1987 ia bergabung menjadi Perwira Utama Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya.

Kemudian, di tahun 1991 ia mengabdi di Kesehatan Daerah Militer IX Udayana Bali. Di tahun yang sama, Achmad Yurianto juga dipercaya menjadi dokter di Dili Timor Timur.

Tahun 2008 Achmad Yurianto dipercaya menjadi Wakil Kepala RS tingkat II Dustira, Cimahi, Jawa Barat karena kariernya yang baik sebagai dokter militer. Kemudian, ia juga diangkat menjadi Wakil Kepala Kesehatan Daerah Militer IV Diponegoro Semarang, hingga tahun 2011 menjadi Kepala Dinas Dukungan Kesehatan Operasi Pusat Kesehatan TNI.

Achmad Yurianto bergabung ke Kementerian Kesehatan di tahun 2015. Ia dipercaya menjabat Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Ia juga menduduki Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan. Lalu pada 9 Maret kemarin Achmad Yurianto naik jabatan menjadi Direktur Jenderal P2P Kemenkes.

 

 

Comment

Feed Berita