Ini Perempuan Hebat Wakil Rakyat di Purbalingga. Dapil 2 Terbanyak, Dapil 5 Tak Ada Satupun

By: On: Dibaca: dibaca 140.86Rbx
Ini Perempuan Hebat Wakil Rakyat di Purbalingga. Dapil 2 Terbanyak, Dapil 5 Tak Ada Satupun

Prosesi pengambilan sumpah wakil rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga masa keanggotaan tahun 2019-2024 telah selesai dilakukan di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Purbalingga, Senin (19 Agustus 2019).

Baca Juga : Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Purbalingga Ambil Sumpah

Dari data Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purbalingga tercatat, sembilan partai politik (parpol) berhak menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten Purbalingga. Sembilan partai itu, masing-masing PDI Perjuangan yang meraih 10 kursi, PKB (9), Partai Golkar (7), Partai Gerindra (6), PKS dan PAN masing-masing 4 kursi serta PPP dan Partai Demokrat masing-masing 2 kursi dan Partai Nasdem 1 kursi

Baca Juga : Bambang Irawan Jadi Pimpinan Sementara DPRD Purbalingga

Berdasarkan data dari Sekretariat DPRD, terdapat 45 kursi untuk anggota DPRD Kabupaten Purbalingga periode 2019-2024. Sebanyak 20 kursi diduduki oleh muka baru. Sedangkan sisanya 25 kursi wakil rakyat ini akan diduduki muka lama atau incumbent dan sebanyak 10 orang perempuan duduk menjadi anggota.

Kesepuluh perempuan itu dari PDI Perjuangan sebanyak 3 orang,  PKS 2 orang, Partai Golkar, Partai Gerindra PAN, PPP dan Partai Nasdem masing-masing 1 orang. Untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat tidak mempunyai wakil perempuan.

Kesepuluh perempuan yang menjadi anggota DPRD Kabupaten Purbalingga itu tersebar di empat daerah pemiilihan. Para perempuan hebat itu adalah:

Tenny Juliawati  dari Partai Golongan Karya (Partai Golkar) dan Lia Mahfuroh dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Purbalingga, Bukateja, Kemangkon

Di daerah pemilihan 2 meliputi Kecamatan Bojongsari, Padamara, Kutasari, Kalimanah. Tercatat Yuniarti dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nur Tjahyati dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Soti Sifa dari Partai Keadilan Sosial (PKS), dan SetiyaniRahayu dari Partai Amanat Nasional (PAN)

 Erni Widyawati dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Uswatun Khasanah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipercaya untuk menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan 3 yang meliputi Kecamatan Karangreja, Karangjambu, Mrebet, Bobotsari

Untuk penyambung aspirasi lima tahun kedepan dari daerah pemilihan 4 meliputi Kecamatan Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, Rembang. Menempatkan Wuriyati dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  dan Sumarsih dari Partai Keadilan Sosial (PKS).

Sementara untuk daerah pemilihan 5 yang meliputi Kecamatan Kaligondang, Pengadegan dan Kejobong, tak satupun perempuan yang berhasil melenggang ke gedung wakil rakyat di jalan Onje Purbalingga.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!