Ini “Merdeka Belajar” Ala Mendikbud Nadim

By: On: Dibaca: dibaca 7.17Rbx
Ini “Merdeka Belajar” Ala Mendikbud Nadim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menggulirkan empat kebijakan yang disebutnya sebagai ‘Merdeka Belajar’. Salah satu perubahan itu adalah menghapus Ujian Nasional (UN).

Ia menuturkan, semua perubahan pasti tidak nyaman. Namun dia menegaskan sudah waktunya untuk Indonesia melompat ke depan dengan memberikan kemerdekaan kepada guru-guru dan kepala sekolah untuk bergerak dengan adanya kebijakan tersebut.

“Ini adalah ronde pertama ‘Merdeka Belajar’. Tidak ada perubahan yang nyaman-nyaman saja. Semua perubahan itu pasti ada tantangannya. Semua perubahan pasti ada ketidaknyamanannya,” kata Nadiem saat Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11 Desember 2019)

Nadiem mengungkapkan empat kebijakan stategisnya, yaitu soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Zonasi. Menurutnya, perubahan kebijakan ini adalah langkah pertama dalam menciptakan kemerdekaan belajar di Indonesia.

“Ujian nasional tidak mengukur penguasaan materi tapi penguasaan kompetensi, RPP disederhanakan jadi satu halaman, dan zonasi masih bisa mengakomodir anak-anak berprestasi. Kita memberi langkah pertama kemerdekaan belajar di Indonesia.” terang Nadiem.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!