Menu
Media Online Terpercaya

Ini Kata Kasat Lantas Polres Banyumas Terkait Wacana SIM C Jadi Tiga Golongan

  • Share
Kasat Lantas Polresta Banyumas, Kompol Ari Prayitno

Kepolisian Republik Indonesia mewacanakan akan ada tiga SIM C, yakni SIM C untuk sepeda motor maksimal dari 250 cc, CI sepeda motor lebih dari 250 cc hingga 500 cc, dan CIII untuk kendaraan lebih dari 500 cc dan listrik.

“Ini baru wacana, hanya baru sebatas sosialisasi. Kami masih menunggu informasi lanjutan dari Korlantas dan Polda,” kata Kasat Lantas Polresta Banyumas, Kompol Ari Prayitno kepada media siber lintas24.com, Rabu (9 Juni 2021)

Ia menambahkan,  aturan tersebut tertuang dalam Perpol No 5 Tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan SIM. Namun begitu, hingga saat ini untuk SIM C dibagi tiga tersebut masih belum diterapkan secara resmi.

“Pada saatnya nanti telah ditetapkan secara resmi dan penggendara sepeda ber-cc besar wajib memiliki SIM yang sesuai. Jika tidak, pemotor ber CC besae akan terkena tilang pada saat razia kendaraan. Kalau di sini memang belum ada yang mengajukan, tetapi kalau memang mau mengajukan kami siap, karena tesnya sama, hanya kendaraannya yang ccnya berbeda. Kami juga ada kendaraan ber cc besar,” kata dia.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *