Menu
Media Online Terpercaya

Ini Cara Naik Kereta Api dengan Mudah dan Aman

  • Share
Kerata Api Serayu Pagi, CC 201 55
Kerata Api Serayu Pagi, CC 201 55

Berlibur di hari Minggu bersama keluarga, boleh mencoba menggunakan moda transportasi kereta api.

Jalan-jalan dengan kereta api ke luar kota diyakini dengan pembiayaan relatif murah dan cepat.

Namun, masih ada sebagian orang yang bingung bagaimana cara naik kereta api pertama kali. Pasalnya, sekarang diberlakukan prosedur check in kereta api sebelum naik kereta api

Mungkin di antara Anda ada yang masih penasaran, gimana sih cara naik kereta api pertama kali dengan aman sesuai prosedur? Kemudian, bagaimana juga cara check in kereta api yang harus Anda lakukan? Simak ulasannya di bawah ini!

Anda yang masih belum tahu cara naik kereta api pertama kali, simak deh langkah-langkah cara naik kereta api di bawah ini.

Caranya gampang dan tidak ribet, kok! Dijamin setelah itu Anda nggak akan kebingungan lagi.

Pesan Tiket Kereta Api

Tidak perlu ribet seperti dulu. Sekarang Anda bisa pesan tiket kereta api online tanpa harus antre panjang lagi.

Anda juga bisa pilih jenis kelas dan tempat duduk sesuai keinginan. Kalau Anda masih bimbang mau pilih kelas kereta api yang mana, cek perbedaan kelas kereta api dan sub kelasnya sebelum pesan tiket

Setelah pembelian tiket selesai, jangan lupa, simpan kode booking di e-tiket yang Anda dapatkan via e-mail. Kode booking ini diperlukan saat check-in untuk mendapatkan boarding pass.

Check-In dan Cetak Boarding Pass

Satu langkah dalam cara naik kereta api yang sering jadi pertanyaan banyak orang. Naik kereta sekarang juga butuh check-in

Cara check-in kereta api adalah dengan mendatangi mesin check-in mandiri atau CTM yang disediakan di stasiun keberangkatan.

Masukkan kode booking tiket kereta yang Anda miliki ke kolom yang disediakan, kemudian cetak boarding pass Anda.

Boarding pass ini berisi nama penumpang, tanggal keberangkatan, nama kereta api, dan nomor perjalanan.

Kalau boarding pass sudah di tangan, berarti proses check-in Anda sudah selesai. Simpan boarding pass Anda untuk ditunjukkan pada petugas sebelum masuk peron, ya.

Perlu dicatat, untuk stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, disediakan mesin cetak tiket mandiri yang bisa Anda gunakan untuk mencetak tiketmu.

Tunjukkan Boarding Pass dan Kartu Identitas Kepada Petugas

Ini adalah cara naik kereta api yang ke-3. Sebelum masuk peron, tunjukkan boarding pass dan kartu identitas Anda ke petugas. Nantinya, boarding pass Anda akan di-scan dan dicocokkan dengan identitas yang Anda tunjukkan.

Kalau sudah, tinggal masuk dan menunggu waktu keberangkatan deh, sobat tiket. Jangan lupa, boarding pass-nya tetap disimpan ya, karena akan ditanyakan petugas saat di dalam kereta api nanti.

Menunggu Kedatangan Kereta

Ada baiknya kalau Anda datang ke stasiun kereta api setidaknya satu jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini dilakukan supaya Anda nggak buru-buru dan menghindari kemungkinan ketinggalan kereta.

Kalau masih bingung, Anda bisa menanyakan ke petugas stasiun di jalur berapa kereta Anda akan datang.

Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti mendengarkan musik, ngemil, atau mungkin foto-foto di stasiun sambil menunggu kereta api datang

Naik ke Gerbong Kereta dan Cari Tempat Duduk

Setelah kereta datang, Anda akan langsung dipersilahkan untuk naik nih, sobat tiket. Segera cari gerbong dan nomor kursi Anda

Kalau sudah ketemu, simpan barang bawaan Anda di tempat penyimpanan yang sudah tersedia. Setelah itu. Anda hanya perlu duduk manis sambil menunggu kereta berangkat

Oh ya, akan ada petugas yang berkeliling menghampiri Anda untuk menanyakan kartu identitas dan boarding pass. Jadi, simpan baik-baik boarding pass yang sudah dicetak, ya. Gimana? Gampang banget kan, cara naik kereta api pertama kali yang tiket.com jelaskan di atas?

Untuk semua jenis kelas kereta api yang disediakan oleh PT KAI sudah dilengkapi dengan pendingin udara.

Semua penumpang dilarang untuk merokok selama perjalanan kereta api. Sanksi tegas akan diberlakukan untuk penumpang yang melanggar peraturan ini, seperti penurunan penumpang meskipun belum sampai di tujuan.

Patuhi Protokol Kesehatan untuk Perjalanan di Masa Pandemi

Saat pandemic Covid-19, jika Anda dan keluarga akan menggunakan kereta api sebagai pilihan tranportasi berlibur, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selain untuk keselamatan dan kesehatan diri Anda, juga untuk orang-orang sekitar yang berada dekat dari Anda.

  1. Terapkan selalu hal-hal di bawah ini
  2. Gunakan masker selalu, kecuali saat makan dan minum
  3. Bawa cadangan masker dan juga face shield sebagai double protection
  4. Mencuci tangan secara berkala dengan sabun
  5. Bawa perlengkapan ibadah, makan, dan minum pribadi
  6. Bawa selalu hand sanitizer di dalam tas
  7. Selama menggunakan transportasi publik ini, jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku.
  8. Supaya Anda dan penumpang lainnya tetap merasa aman dan nyaman selama di perjalanan.

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.